Pengembangan Bahan Ajar LKS Online Pendidikan Agama Islam dalam Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Kelas XI SMAN 6 Kota Serang)

Mujib, Uswatun Hasanah (2022) Pengembangan Bahan Ajar LKS Online Pendidikan Agama Islam dalam Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Kelas XI SMAN 6 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210010_Cover.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210010_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210010_Bab I.pdf

Download (521kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210010_Bab II.pdf

Download (820kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210010_Bab III.pdf

Download (696kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210010_Bab IV.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210010_Bab V.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210010_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Saat ini dunia sedang terkena wabah virus yaitu Covid-19. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar melakukan social distancing (pembatasan sosial). Dengan adanya social distancing, membuat segala aktivitas harus dilakukan dirumah. Begitu juga dengan pendidikan, pembelajaran dilakukan secara daring berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh pemerintah PP Nomor 21 Tahun 2020. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat memudahkan siswa dalam belajar dari rumah salah satunya adalah LKS Online. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) bagaimana pengembangan bahan ajar LKS Online PAI Kelas XI dalam mencapai ketuntasan belajar siswa pada masa pandemi covid-19? 2) Bagaimana kualitas penggunaan bahan ajar LKS Online PAI dalam mencapai ketuntasan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKS Online dan kualitasnya dalam mencapai ketuntasan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan metode Borg and Gall yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi, revisi dan desiminasi. Pengumpulan data skala penilaian yang telah ditentukan. Sampel penelitian dilakukan pada 38 siswa di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 6 Kota Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar LKS Online memiliki kualitas yang sangat layak. Hal ini berdasarkan dengan hasil validasi ahli media dengan presentase sebesar 80% yang termasuk dalam dengan presentase sebesar 98% yang termasuk dalam kategori sangat layak dan hasil uji coba produk dengan presentase sebesar 85,26% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan LKS Online diperoleh nilai dengan presentase sebesar 80% siswa mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar LKS Online PAI kualitasnya sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada masa pandemi Covid-19.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, LKS Online, Ketuntasan Belajar Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2022 06:37
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2022 06:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9104

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.