Implikasi Pembelajaran Daring terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Materi PAI di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMAN 1 Puloampel)

Mufassirin, Ahmad (2022) Implikasi Pembelajaran Daring terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Materi PAI di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMAN 1 Puloampel). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210168_Cover.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210168_Lampiran Depan.pdf

Download (975kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210168_Bab I.pdf

Download (419kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210168_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (328kB)
[img] Teks
S_PAI_171210168_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (181kB)
[img] Teks
S_PAI_171210168_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (321kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210168_Bab V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210168_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional peserta didik pada materi PAI di SMAN 1 Puloampel di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di SMAN 1 Puloampel selama pembelajaran daring yaitu peserta didik mengeluh ketika diberikan tugas oleh guru, peserta didik mematikan layar kamera pada saat KBM virtual, peserta didik acuh pada saat guru menjelaskan materi, dan peserta didik tidak bersemangat pada saat KBM. Hal ini dipicu karena adanya gangguan pada kecerdasan emosional peserta didik SMAN 1 Puloampel selama pembelajaran daring yang membuat guru-guru menjadi khawatir akan terganggunya kecerdasan emosional peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian diambil dari beberapa informan yakni guru PAI, guru kesiswaan, dan peserta didik SMAN 1 Puloampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di SMAN 1 Puloampel belum maksimal, pembelajaran materi PAI yang disampaikan oleh guru menggunakan metode daring dan media yang digunakan adalah berbasis aplikasi WhatsApp dan Classroom. Kecerdasan emosional peserta didik di SMAN 1 Puloampel di masa pandemi covid-19 belum stabil dengan tanda-tanda seperti mengeluh, bosan, jenuh, dan menyepelekan tugas yang diberikan oleh guru. Implikasi metode pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional peserta didik pada materi PAI di SMAN 1 Puloampel di masa pandemi covid-19 berdampak pada beberapa aspek kecerdasan emosional yaitu aspek mengelola emosional dengan karakteristik memiliki kemampuan untuk mengatasi ketegangan jiwa serta karakteristik dapat mengendalikan perilaku agresif yang merusak diri sendiri dan orang lain, dan aspek membina hubungan dengan karakteristik memiliki kemampuan berkomunikasi dengan orang lain serta karakteristik memiliki sikap tenggang rasa dan perhatian pada orang lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Daring, Kecerdasan Emosional
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2022 02:05
Perubahan Terakhir: 29 Jul 2022 08:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9091

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.