Pengaruh Metode Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Pandeglang)

Agustiyani, Verra (2022) Pengaruh Metode Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210066_Cover.pdf

Download (31kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210066_Lampiran Depan.pdf

Download (511kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210066_Bab I.pdf

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210066_Bab II.pdf

Download (337kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210066_Bab III.pdf

Download (466kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210066_Bab IV.pdf

Download (575kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210066_Bab V.pdf

Download (11kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210066_Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebelum dan sesudah menggunakan metode peta konsep. 2) Untuk mengetahui keefektifan metode peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Untuk Mengetahui pengaruh metode belajar peta konsep pada kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Pada penelitian ini kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode peta konsep dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional atau ceramah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai Thitung > Ttabel yaitu 4,252 > 2,030 dengan taraf signifikan 5%, ketentuan dari rumusan uji hipotesis jika Thitung lebih besar dari Ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Peta Konsep pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pandeglang memberikan hasil yang lebih baik terhadap aktivitas belajar peserta didik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Peta Konsep, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2022 06:35
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2022 06:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9086

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.