RATIONAL EMOTIVE THERAPY (RET) DALAM MENGATASI KEPERCAYAAN DIRI WANITA DEWASA AWAL YANG MENGALAMI OBESITAS DAN OVERWEIGHT (Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri “SMH” Banten)

Rima Hidayati, Fitri (2016) RATIONAL EMOTIVE THERAPY (RET) DALAM MENGATASI KEPERCAYAAN DIRI WANITA DEWASA AWAL YANG MENGALAMI OBESITAS DAN OVERWEIGHT (Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri “SMH” Banten). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab 1-5.pdf

Download (613kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (57kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dewasa awal merupakan masa di mana seorang individu memasuki pola-pola kehidupan baru, mereka dihadapkan dengan kehidupan rumah tangga dan dunia kerja. Jika pada masa ini seorang individu terutama wanita mengalami kekurangan fisik seperti obesitas dan overweight, yaitu kelebihan berat badan sebagai akibat penimbunan lemak berlebih di dalam tubuh, maka hal ini akan menimbulkan beberapa wanita yang mengalaminya merasa kurang percaya diri. Kurangnya kepercayaan diri tersebut muncul akibat ideide irasional mereka terhadap bentuk tubuhnya saat ini. Dari latar belakang di atas terdapat beberapa pertanyaan, di antaranya: 1) Apa saja ide-ide irasional yang ada pada wanita dewasa awal yang mengalami obesitas dan overweight, 2) Bagaimana gambaran kepercayaan diri pada wanita dewasa awal yang mengalami obesitas dan overweight, 3) Bagaimana pelaksanaan Rational Emotive Therapy (RET) dalam mengatasi kepercayaan diri wanita dewasa awal yang mengalami obesitas dan overweight, 4)Bagaimana perubahan kepercayaan diri wanita dewasa awal yang mengalami obesitas dan overweight pasca melakukan RET? Penelitian ini dilaksanakan di IAIN SMH Banten dengan subyek penelitian 5 orang mahasiswi IAIN SMH Banten. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan yang berbasis pada penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kepustakaan. Selain melakukan penelitian, peneliti juga melakukan treatment konseling melalui pendekatan Rational Emotive Therapy (RET). Penelitian ini memperlihatkan bahwa obesitas dan overweight mempengaruhi ide-ide irasional para wanita yang mengalami obesitas dan overweight. Ide-ide irasional tersebut antara lain rasa takut memperoleh pasangan hidup dan pekerjaan, takut meninggal dunia, merasa tidak bisa fashionable dan merasa semua orang menganggap dirinya tidak menarik. Ideide irasional tersebut menyebabkan para wanita yang mengalaminya merasa kurang percaya diri terhadap bentuk tubuh yang mereka miliki saat ini. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa proses konseling melalui pendekatan RET berjalan dengan baik dan mampu menyelesaikan problemproblem yang dialami para wanita obesitas dan overweight dengan berbagai teknik yang telah dilakukan. Kini mereka mampu lebih percaya diri dengan bentuk tubuh yang mereka miliki. Kata kunci: Rational Emotive Therapy (RET), kepercayaan diri, wanita dewasa awal, obesitas dan overweight

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling, Psikologi, Terapi Emosional
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2017 07:30
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.