Astuti, Ayu Mardiana Puji (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) pada Generasi Milenial (Studi pada Masyarakat Kota Serang - Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBS_171420004_Judul.pdf Download (64kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_171420004_Lampiran Depan.pdf Download (609kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_171420004_Bab I.pdf Download (255kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBS_171420004_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (437kB) |
||
|
Teks
S_PBS_171420004_Bab III.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBS_171420004_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (360kB) |
||
|
Teks
S_PBS_171420004_Bab V.pdf Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBS_171420004_Daftar Pustaka.pdf Download (552kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Perkembangan teknologi di sektor jasa keuangan menjadikan kebutuhan gaya hidup saat ini, hal itu dibuktikan dengan penggunaan uang elektronik (e-money) berbasis digital yang semakin banyak di masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada generasi milenial di Kota Serang dengan anggapan dan pertimbangan bahwa Kota Serang merupakan ibu kota Provinsi Banten, yang mempunyai potensi tingkat menengah dalam pengembangan instrument pembayaran non tunai (e-money). Akan tetapi pengembangan e-money diduga masih belum optimal dikarenakan masyarakat masih terbiasa menggunakan uang tunai, belum meratanya informasi kepada masyarakat mengenai aplikasi yang mendukung pembayaran melalui system e-money dan penggunaan perangkat EDC (Electronic Data Capture) yang belum optimal di merchant-merchant yang ada di Kota Serang. Perumusan masalah dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu : 1). Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi penggunaan uang elektronik (e-money) pada generasi milenial? 2). Faktor-faktor manakah yang dominan dalam penggunaan uang elektronik (e-money) pada generasi milenial? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan uang elektronik (e-money) pada generasi milenial. 2). Untuk mengetahui faktor-faktor manakah yang dominan dalam penggunaan uang elektronik (e-money) pada generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan uang elektronik (e-money) pada generasi milenial masyarakat Kota Serang - Banten yaitu karena faktor kemudahan, faktor manfaat, faktor nilai harga, faktor keamanan dan faktor lingkungan. Selanjutnya faktor-faktor yang dominan dalam penggunaan uang elektronik (e-money) pada generasi milenial yaitu faktor kemudahan dan faktor manfaat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Uang Elektronik (E-Money), Generasi Milenial |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 13 Jul 2022 02:41 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jul 2022 03:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8738 |
Actions (login required)
Lihat Item |