Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO

Jannah, Alfi Raudlatul (2022) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
1. COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (428kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Teks
BAB II.pdf

Download (233kB)
[img] Teks
BAB III.pdf

Download (557kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf

Download (517kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)

Abstrak

Sistem pembayaran dewasa ini memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai urat nadi perekonomian suatu negara. Apabila sistem pembayaran tidak berjalan dengan baik dan bermasalah, maka akan merusak kestabilan perekonomian suatu Negara. Sistem pembayaran yang efisien dapat diukur dari kemampuan dalam menciptakan biaya yang minimal untuk mendapatkan manfaat dari suatu kegiatan transaksi. Karena kegiatan transaksi penting dalam siklus perekonomian, dimana kegiatan tersebut melibatkan alat pembayaran. Alat pembayaran merupakan instrument dalam sistem pembayaran yang merupakan media transaksi bagi produsen dan konsumen. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai uang elektronik terhadap minat menggunakan aplikasi OVO. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten angkatan 2016, 2017 dan 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling, dengan jumlah sampel 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini dalam pengujian hipotesis, data analisis regresi linier sederhana mempunyai nilai probabilitas signifikan 0,000 <0,05 yang memiliki arti bahwa Ho ditolak. Nilai koefisien determinasi yaitu R Square = 0,879 yang mengandung makna bahwa 87,9% variasi variabel minat menggunakan aplikasi OVO dapat dipengaruhi oleh variabel presepsi mahasiswa. Hasil analisis statistik Kolmogrof-Smirnov dengan nilai asymp.Sig. (2-tailed) adalah 0.127 dimana nilai tersebut lebih besar > dari 0.005. Hal ini menyatakan terima H0 dan tolak H1 bahwa model regresi dalam penelitian ini telah memenuhi asumsi normalitas. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel persepsi mahasiswa elektronik terhadap minat menggunakan aplikasi ovo. Minat menggunakan aplikasi ovo dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan inovasi teknologi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing 1: Rustamunadi, S.H., M.H Pembimbing 2: Aan Ansori, S.Kom., M.M.
Kata Kunci (keywords): Persepsi Mahasiswa, Minat, dan Aplikasi OVO
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 003 Sistem
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 07 Jun 2022 08:05
Perubahan Terakhir: 07 Jun 2022 08:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8651

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.