Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Siswa Tunagrahita di SKh Al-Ihsan 02 Cilegon

Reviyanti, Reviyanti (2022) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Siswa Tunagrahita di SKh Al-Ihsan 02 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1.COVER.pdf

Download (82kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN..pdf

Download (573kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I..pdf

Download (502kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II...pdf

Download (602kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III1...pdf

Download (274kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV...pdf

Download (345kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V...pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (224kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesrkipsikan pembelajaran Baca Tulis Al-Quran berbasis kecerdasan majemuk pada siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif analisis yang dilakukan di SKh Al-Ihsan 02 Cilegon. Subjek penelitian ini diambil dari beberapa informan/narasumber yaitu kepala sekolah, guru, dan wali murid siswa tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan datanya dengan triangulasi sumber dan metode, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Baca Tulis Al-Quran berbasis kecerdasan majemuk pada siswa tunagrahita yaitu pembelajarannya bersifat fleksibel yakni menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Proses pembelajaran Baca Tulis Al-Quran berbasis kecerdasan majemuk pada siswa tunagrahita melalui beberapa tahapan diantaranya persiapan, pembukaan, kegiatan inti, evaluasi dan penutup dengan menerapkan sembilan jenis kecerdasan majemuk, diantaranya kecerdasan linguistic-verbal, logis-matematis, visual-spasial, jasmaniah-kinestetik, musical, interpersonal, intrapersonal, naturalistic dan eksistensial. Meskipun, dalam kesembilan jenis kecerdasan tersebut tidak dapat dilakukan dalam satu waktu, akan tetapi guru dapat melaksanakan secara bertahap dan siswa bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, Kecerdasan Majemuk, Siswa Tunagrahita.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Mei 2022 08:19
Perubahan Terakhir: 13 Jul 2022 02:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8638

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.