Dakwah di Warkop Rasa Pikir Hati (RPH) Taktakan Kota Serang Banten

Dermawan, Royal (2022) Dakwah di Warkop Rasa Pikir Hati (RPH) Taktakan Kota Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. Cover.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. Lampiran Depan.pdf

Download (457kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (318kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (283kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (246kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dakwah adalah kegiatan mengajak seseorang untuk mengerjakan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Dalam berdakwah, kreatifitas seorang da’i sangat dibutuhkan demi mencapai keberhasilannya. Salah satu penunjang keberhasilan dakwah adalah ketepatan dalam memilih strategi dan media dakwah. Pada saat ini media dakwah yang digunakan oleh para da’i sangatlah bervariasi, baik dari ceramah seperti yang sering kita jumpai di masjid-masjid atau di telivisi sampai diskusi sambil menikmati secangkir kopi sebagaimana yang dilakukan oleh para da’i di Warkop RPH Taktakan Kota Serang. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah: 1) Strategi dakwah apa yang digunakan para da’i di Warkop RPH Taktakan Kota Serang. 2) Apa saja Faktor pendukung dan penghambat dalam dakwah di Warkop RPH Taktakan Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi dakwah yang digunakan Warkop RPH Taktakan Kota Serang. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dakwah di Warkop RPH Taktakan Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualtatif deskriptif yang melibatkan tiga informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan mulai dari 01 Maret 2021 hingga 01 Juni 2021. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Strategi dakwah yang digunakan oleh da’i di Warkop RPH diantaranya yaitu strategi sentimental, strategi rasional, dan strategi indrawi. Adapun strategi yang berperan paling dominan adalah strategi sentimental karena merupakan strategi yang sifatnya primer. Tanpa strategi sentimental, kedua strategi lainnya tidak akan mencapai keberhasilan. 2) Faktor pendukungnya adalah subyek dakwah sudah memiliki pengalaman dalam melakukan pendekatan emosional, subyek dakwah memiliki pengetahuan yang luas, obyek dakwah memiliki fleksibelitas dalam mengobrol, obyek dakwah merupakan orang yang memiliki skill dalam berinteraksi dengan seseorang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesabaran subyek dalam melakukan pendekatan emosional, kurangnya keantusiasan subyek dakwah dalam mendengatkan cerita obyek dakwah, kurangnya skill subyek dakwah dalam mengolah topik obrolan, Obyek dakwah belum memiliki kemauan yang kuat untuk memperbaiki diri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing 1: Dr. H. Endad Musaddad. S.Ag., M.A Pembimbing 2: A.M. Fahrurrozi, S.Psi, M.A.
Kata Kunci (keywords): Dakwah, Warkop
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 303 Sosial proses
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 27 Mei 2022 08:17
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 03:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8627

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.