Azizatunnisa, Asmaa (2021) Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Minat Belajar di SMP Maulana Hasanuddin Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
Cover.pdf Download (196kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lampiran Depan.pdf Download (666kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab I.pdf Download (185kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab II.pdf Download (412kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab III.pdf Download (508kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab IV.pdf Download (446kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah a) Mengetahui Manajemen kelas di SMP Maulana Hasanuddin Cilegon, b) Mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar siswa SMP Maulana Hasanuddin Cilegon. b) Mengetahui apakah ada pengaruh manajemen kelas terhadap minat belajar siswa SMP Maulana Hasanuddin Cilegon Selanjutnya jenis penelitian ini berdasarkan metodenya adalah Uji Linear Regresi Sederhana yang merupakan bagian dari pendekatan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMP Maulana Hasanuddin Cilegon, yang berjumlah 30 orang dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik sampling jenuh yaitu teknik pengambilan sampel apabila semua populasi digunakan sebagai sampel dan dikenal juga dengan istilah sensus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian dapat menyimpulkan: 1) Manajemen Kelas yang dilihat dari hasil penilaian 30 responden berada dalam kategori sedang, yakni sebesar 67,26%, 2) Minat Belajar yang dilihat dari hasil penilaian 30 responden berada dalam kategori sedang, yakni sebesar 66,36%, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Manajemen Kelas terhadap Minat Belajar dilihat dari hasil penilaian 30 responden dari hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai dengan taraf signifikan 5 %. Jadi Manajemen Kelas terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Maulana Hasanuddin Cilegon memiliki pengaruh yang signifikan melalui perhitungan thitung > ttabel yaitu 0,857 > 0,374 sehingga variabel X terhadap Y memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Implikasi untuk meningkatkan Minat belajar dengan memperhatikan Manajemen Kelas yaitu: Pihak sekolah hendaknya memberikan perhatian khusus pada Manajemen Kelas, memberikan metode pembelajaran yang menarik agar minat belajar dapat minangkat, dan keahlian guru profesional dakam mengatur manajemen kelas yang kondusif.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I: Dr, Supardi, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Juhji, M.Pd. |
Kata Kunci (keywords): | manajemen kelas, minat belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 11 Mei 2022 03:44 |
Perubahan Terakhir: | 11 Mei 2022 03:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8569 |
Actions (login required)
Lihat Item |