Nurmilah, Novia (2022) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN DI PAUD BKB HI MANGGIS KECAMATAN PADARINCANG. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
Cover.pdf Download (123kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lampiran Depan.pdf Download (699kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab I.pdf Download (242kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab II.pdf Download (613kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab III.pdf Download (111kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab IV.pdf Download (437kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab V.pdf Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak usia 5 sampai 6 tahun di PAUD BKB HI Manggis kecamatan padarincang. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak anak yang tidak disiplin ketika di sekolah dan tidak mematuhi peraturan tata tertib di sekolah dan masih ada guru yang tidak disiplin ketika di sekolah sehingga anak dapat mencontoh perilaku guru tersebut, kurang tegasnya guru dalam menegur dan memerintahkan anak untuk berbuat disiplin ketika di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah guru, peserta didik dan kepala sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian data dalam penelitian ini adalah SWOT. Hasil dari penelitian yang ditemui yaitu: 1) peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak usia 5 sampai 6 tahun di PAUD BKB HI Manggis sudah dilaksanakan dengan baik. Tetapi, kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak yang disampaikan kepada orang tua untuk membiasakan disiplin di rumah dan orang tua dapat mendampingi dan mengawasi anak untuk disiplin di rumah setiap hari. Strategi guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak usia 5 sampai 6 tahun di PAUD BKB HI Manggis Desa Kramatlaban Kecamatan Padarincang sejauh ini sudah cukup efektif, namun kurangnya model pembelajaran serta sarana dan prasarana dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak masih kurang sehingga anak merasa bosan dan anak akan melakukan sikap tidak disiplin ketika di sekolah dan tidak termotivasinya anak dalam melakukan disiplin di sekolah. 2) kekuatan dan faktor pendukung seperti adanya tata tertib di sekolah bagi guru dan murid, adanya teladan yang baik dalam mengembangkan karakter disiplin, menanamkan karakter disiplin dengan cara yang menyenangkan. Faktor penghambat yaitu lingkungan sekitar yang kurang mendukung untuk pengembangan karakter disiplin pada anak dan orang tua yang tidak tahu cara menanamkan disiplin pada anak dengan baik sehingga membuat anak kurang disiplin
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I: Uyu Mu'awwanah, M.Pd. Pembimbing II: Khaeroni, S.Si., M.Si. |
Kata Kunci (keywords): | peran guru, karakter, disiplin, anak usia dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 12 Apr 2022 07:54 |
Perubahan Terakhir: | 12 Apr 2022 07:54 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8473 |
Actions (login required)
Lihat Item |