Pola Interaksi Antara Guru dan Siswa dalam Pembentukan Karakter Islam Siswa (Studi di SMA Negeri 1 Cikande)

Jamhuri, Jamhuri (2022) Pola Interaksi Antara Guru dan Siswa dalam Pembentukan Karakter Islam Siswa (Studi di SMA Negeri 1 Cikande). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1 COVER .pdf

Download (150kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2 LAMPIRAN DEPAN .pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I .pdf

Download (739kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (840kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (420kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (611kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (512kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (367kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena Pendidikan pada pada zaman modern. Dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Secara tidak langsung hal ini dapat mempengaruhi pembemtukan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Di SMA Negeri 1 Cikande ada beberapa siswa yang memiliki karakter kurang baik. Padahal guru Pendidikan Agama Islam sudah berupaya keras mendorong supaya pembentukan karakter Islam melalui berbagai usaha dengan melakukan berbagai macam pola interaksi yang baik. Oleh sebab itu dibutuhkan pola interaksi guru dengan siswa yang dapat membentuk karakter Islam peserta didik dalam meningkatkan karakter peserta didik. Fokus penelitian Tesis ini adalah (1) Bagaimana pola interaksi antara guru dan siswa di SMA Negeri 1 Cikande? (2) Bagaimana karakter Islam siswa di SMA Negeri 1 Cikande? (3) Bagaimana pola interaksi antara guru dan siswa dalam pembentukan karakter Islam siswa di SMA Negeri 1 Cikande? Metode penelitian dalam Tesis ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diuaraikan sebagai berikut (1) pola interaksi antara guru dan siswa di SMA Negeri 1 Cikande belum terlaksana secara maksimal,hal ini disebabkan oleh banyak hal, antara lain SDM dari guru dan SDM dari siswa yang berbeda-beda. (2) Karakter Islam siswa SMA Negeri 1 Cikande masih terkessan kurang baik. Adapun faktor yang menjadi penyebab antara lain faktor keluarga, pendidikan dan lingkungan (3) pola interaksi antara guru dan siswa dalam pembentukan karakter Islam siswa di SMA Negeri 1 Cikande belum terealisasi dengan sempurna, hal ini disebabkan ada beberapa program yang mendukung terbentuknya karakter Islam belum dilaksanakan dengan sempurna, baik oleh guru maupun oleh siswa, sehingga berdampak pada terhambatnya pembentukan karakter Islam siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pola Interaksi, Karakter Islam
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Ahlak
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 05 Apr 2022 06:26
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2024 08:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.