Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Dalam PAI (Telaah Buku Teks PAI Dan Budi Pekerti Terbitan Kemendikbud 2017 di SMK Negeri 12 Kab. Tangerang)

Amri, Annisa Nur Awaliyah (2022) Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Dalam PAI (Telaah Buku Teks PAI Dan Budi Pekerti Terbitan Kemendikbud 2017 di SMK Negeri 12 Kab. Tangerang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1.COVER.pdf

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf

Download (670kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (340kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (554kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (195kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan temuan nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada buku teks PAI & Budi Pekerti tahun 2017 tingkat SMA yang dapat diterapkan di SMK Negeri 12 Kab. Tangerang. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat nilai pendidikan multikultural dalam buku teks PAI & Budi Pekerti tahun 2017 tingkat SMA, dan bagaimana penerapan nilai pendidikan multikultural di SMK Negeri 2 Kab. Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari buku mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tahun 2017 tingkat SMA. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku teks PAI tahun 2017 di SMK N 12 Kab. Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai multikultural yang dikembangkan dalam buku ialah nilai demokrasi, toleransi, kesetaraan gender, dan keadilan. 2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI yang diintegrasikan dengan nilai multikultural dilakukan melalui penyusunan RPP, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru telah disesuaikan dengan RPP, langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu: Nilai demokrasi, Nilai toleransi, dan Nilai keadilan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Nilai Pendidikan Multikultural, Buku Teks PAI dan Budi Pekerti, Implementasi Pembelajaran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2022 07:54
Perubahan Terakhir: 25 Apr 2022 04:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8341

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.