Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Resitasi dan Project Based Learning dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Situs Di Smp Negeri Se-Kota Serang)

Sumyati, (2022) Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Resitasi dan Project Based Learning dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Situs Di Smp Negeri Se-Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (719kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (206kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (574kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (606kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (550kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Sumyati, NIM: 182101148, Judul Tesis: Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Resitasi dan Project Based Learning dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Situs Di Smp Negeri Se-Kota Serang) Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tingkat kemandirian siswa dalam belajar yang cukup rendah disebabkan oleh kurang efektifnya penerapan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Persepsi siswa merupakan proses pengamatan, pengorganisasian, penginterpretasian siswa sebagai hasil rangsangan yang diterima melalui pancaindra dan memberikan arti berdasarkan stimulus yang diperoleh dari metode pembelajaran resitasi dan project based learning. Untuk membuktikan hubungan persepsi siswa tentang metode resitasi dan project based learning dengan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, penulis telah melakukan penelitian di SMP Negeri Se-Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat korelasi persepsi siswa tentang metode resitasi dan project based learning dengan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan yaitu mix method research. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini sebesar 10% yakni 90 responden dari 901 populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan persepsi siswa tntang metode resitasi (X1) dengan kemandirian belajar siswa (Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-Kota Serang. Sementara itu hubungan persepsi siswa tentang project based learning (X2) dengan kemandirian belajar siswa (Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-Kota Serang sebesar 8,9%. Selanjutnya bahwa terdapat hubungan persepsi siswa tentang metode resitasi (X1) dan project based learning (X2) dengan kemandirian belajar siswa (Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-Kota Serang adalah sebesar 10,6% sedangkan sisanya 89,4% dipengaruhi oleh beberapa faktor lain. Simpulan, dari hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan persepsi siswa yang rendah persepsi siswa tentang metode resitasi dan project based learning dengan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Se-Kota Serang. Kata kunci : Persepsi siswa, metode resitasi, project based learning, kemandirian belajar

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Persepsi siswa, metode resitasi, project based learning, kemandirian belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2022 07:53
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2022 07:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8333

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.