Pengembangan Metode Iqra Terpadu Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Tinggi Di SDN Rancailat Cikande Serang

Atiyah, N. (2022) Pengembangan Metode Iqra Terpadu Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Tinggi Di SDN Rancailat Cikande Serang. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (173kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2 LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (487kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (625kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (366kB) | Pra Tinjau

Abstrak

N. Atiyah, NIM: 172012090. Pengembangan Metode Iqra Terpadu Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Tinggi Di SDN Rancailat Cikande Serang Tesis, Program Pascasarjana UIN “Sultan Maulana Hasanudin” Banten 2021 Penelitian ini bertujuan (1).Untuk menganalisis metode iqra terpadu dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di SD Negri Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang, (2). Untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an pada SDN Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang, (3). Untuk mengetahui Pengembangan Metode Iqra Terpadu dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an pada siswa SD Negeri Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang, (4). Untuk mengetahui apakah Metode Iqra Terpadu dapat meningkatkan minat belajar Al- Qur‟an di SD Negeri Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari observasi langsung wawancara, dokumentasi, dan angket. Subjek yang ditetapkan dalam penelitian ini kepala sekolah, guru PAI, guru BTQ dan siswa sebanyak 30 orang dari persentase sampel kelas tinggi yang berjumlah 120 orang. Analisis data yang gunakan yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode iqra terpadu dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di SDN Rancailat dalam katagori baik ini diperoleh dari hasil analisis mencapai persentase : 75%.(dilihat dari hasil evaluasi setelah pembelajara berlangsung). Pengembangan Metode Iqra Terpadu itu dapat meningkatkan minat belajar baca tulis Al- Qur‟an pada siswa SD Negeri Rancailat Desa Bakung Kec. Cikande Kab. Serang dalam katagori sangat baik yaitu mencapai angkat 81% (dilihat dari hasil jawaban responden selalu) dan hasil wawancara penulis dengan kepala sekolah, guru dan siswa. itu memang benar dalam pembelajaran baca tulis Al-qur‟an di SDN Rancailat siswa sangat antusias. Hal ini terbukti dengan hasil kemampuan baca tulis Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Iqra mereka sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapannya baik iqra jilid 1 sd 6 ditambah dengan menulis huruf Arab atau Al-Qur‟an dan Hafalan Juz „Amma/Juz 30.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Iqra Terpadu, Minat dan Belajar, BTQ
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2022 08:24
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2022 08:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8133

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.