Ummah, Inayatul (2022) Pengaruh Interaksi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Kecamatan Petir, Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Inayatul Ummah. 171210132. 2021 Pengaruh Interaksi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Kecamatan Petir, Kabupaten Serang). Pada dasarnya kegiatan belajar mengajar dikelas melibatkan guru dan siswa. proses pembelajaran dapat berlangsung sesuai tujuan jika keduanya dapat bekerjasama dengan baik. Guru bukan hanya sebagai pengajar akan tetapi sebagai pendidik dan pembimbing, sehingga dalam perannya guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam berinteraksi dengan siswa terutama ketika sedang mengajar, yang diharapkan dapat memotivasi dan menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh interaksi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, dengan jumlah sampel 30 orang dari populasi sebanyak 120 orang. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan wawancara. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian ini adalah bahwa pengaruh interaksi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Kecamatan Petir, Kabupaten Serang termasuk kategori sedang atau cukup, berdasarkan analisis korelasinya menunjukan bahwa indeks koefisien korelasi sebesar 0,58 berada antara (0,40 – 0,60) artinya terdapat korelasi yang sedang atau cukup antara pengaruh interaksi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits di MA Daar Et-Taqwa Cigodeg Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. dimana nilai variabel X yaitu pengaruh interaksi guru memberikan kontribusi pada variabel Y yaitu minat belajar siswa sebesar 34,4% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | interaksi guru, minat belajar siswa, Al-Qur’an Hadits. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 09 Feb 2022 07:25 |
Perubahan Terakhir: | 09 Feb 2022 07:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8124 |
Actions (login required)
Lihat Item |