Muhlisin, Asep Iin (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Pabuaran Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Asep Iin Muhlisin, NIM: 132101613 Judul Skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Pabuaran Kab. Serang). Berhasil atau tidaknya peserta didik dalam belajar sebagian besar terletak pada usaha sendiri, disamping faktor kemauan, minat, ketekunan, tekad atau sukses, dan cita-cita tinggi yang mendukung setiap usaha dan kegiatanya, peserta didik akan berhasil kalau berusaha semaksimal mungkin dengan cara belajar yang efisien sehingga mempertinggi prestasi belajar. Hasil belajar bergantung pula pada cara- cara belajar yang dipergunakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam? 2) Bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual? 3) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa. 2) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Adapun objek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 1 Pabuaran Kab. Serang. Pengambilan data dengan cara observasi, tes dan angket. Kesimpulan hasil penelitian adalah:1) Prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dapat dikatakan rendah, sesuai hasil penelitian angket (Pre-test) pada kelas VIII sebelum dilakukan tindakan (treatment). 2) Penggunaan media pembelajaran audio visual di SMP Negeri 1 Pabuaran Kab. Serang dapat dikatakan berjalan sesuai yang diharapkan. 3) Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan bahwa, nilai ttable = 1,67< thitung = 5,29. Ini berarti nilai thitunglebih besar dari nilai ttabelpada taraf 5%. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 28 Jan 2022 03:24 |
Perubahan Terakhir: | 28 Jan 2022 03:24 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8083 |
Actions (login required)
Lihat Item |