Pengembangan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Daur Air Pada Mata Pelajaran IPA

Rifai, Rifai (2022) Pengembangan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Daur Air Pada Mata Pelajaran IPA. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (203kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (262kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (279kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (65kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (134kB) | Pra Tinjau

Abstrak

RIFAI, NIM: 161240038, Judul Skripsi: Pengembangan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Daur Air Pada Mata Pelajaran IPA MI Darul Falah Kelas V Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih kurangnya penggunaan media pembelajaran IPA dan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA materi daur air. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan media pembelajaran diorama materi daur air pada mata pelajaran IPA, 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi daur air pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan media diorama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Develpoment dan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap. 1) Tahap define (pendefinisian), 2) Tahap design (perancangan), 3) Tahap develop (pengembangan), 4) Tahap disseminate (penyebaran). Media yang dikembangkan diuji kelayakan dengan validasi para ahli yakni ahli media dan ahli materi sebelum uji coba dilakukan. Uji coba dilakukan di MI Darul Falah dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4 dengan kategori baik. 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata rata 4 dengan kategori baik. 3) Hasil validasi uji coba produk pada siswa memperoleh hasil dalam presentase 88% dengan kategori sangat layak. 4) Peningkatan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media diorama memperoleh nilai rata-rata 61,1 dengan kategori hasil belajar belum meningkat. 5) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media diorama memperoleh nilai rata-rata 86,6 dengan kategori hasil belajar meningkat. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, media diorama materi daur air pada mata pelajaran IPA layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): media diorama, hasil belajar, daur air.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 28 Jan 2022 03:16
Perubahan Terakhir: 28 Jan 2022 03:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8081

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.