Dampak Penggunaan Smartphone pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun (Studi di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang)

Maulida, Vi (2022) Dampak Penggunaan Smartphone pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun (Studi di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (176kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (480kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (357kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (236kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Vi Maulida NIM: 152600011. judul skripsi “Dampak Penggunaan Smartphone pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun (Studi di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang). Diajukan pada Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun 2021. Dewasa ini penggunaan smartphone sangat mempengaruhi kehidupan manusia baik orang dewasa maupun anak-anak. Smartphone dan aneka bentuk gadget lainnya dalam kehidupan sehari-hari sangat mudah ditemui pada zaman sekarang dan bukan menjadi hal yang mewah karena sebagian anak-anak sudah terfasilitasi sehingga orang tuanya leluasa mengerjakan aktivitas tanpa harus mendampingi anak bermain. Oleh karena itu, tidak mengherankan lagi jika anak- anak TK sudah lincah mengoperasikan smartphone bahkan tidak jarang pula mereka lebih memahami cara mengakses internet daripada orang tuanya. Hal itu dikarenakan lemahnya pengawasan orang tua terhadap aktifitas anak di dunia maya.Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana dampak penggunaan smartphone pada perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Insan Kamil Serang?; 2) Bagaimana upaya mengatasi kecanduan penggunaan smartphone pada anak usia dini? Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui dampak penggunaan smartphone pada perkembangan Bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Insan Kamil Serang; 2) Untuk mengetahui upaya mengatasi kecanduan smartphone pada anak usia dini di TK Tunas Insan Kamil Serang.Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini dilakukan untuk memperoleh pengertian yang mendalam mengenai situasi dan makna sesuatu/ responden. Responden yang diteliti berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan oktober sampai desember 2019. Tempat yang dijadikan objek penelitian oleh penulis adalah TK Tunas Insan Kamil Serang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah:1) terdapat beberapa manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh smartphone tergantung dari pada pemanfaatannya. Penggunakan smartphone oleh anak-anak lebih banyak ditemukan dampak negatifnya dari pada positifnya, dan hal itu tergantung bagaimana orang tua mendidik dan mengawasi anak pada saat menggunakan smartphone; 2) Banyak upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengurangi kecanduan penggunaan smartphone pada anak usia dini, seperti: membatasi penggunaan, memberikan alternatif kegiatan, melakukan kegiatan di luar ruangan, membimbing penggunaan, sampai dengan membatasi akses internet.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Smartphone, Perkembangan Bahasa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Jan 2022 06:47
Perubahan Terakhir: 27 Jan 2022 06:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8046

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.