Muslimah, Iim (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Kelas XII IPA IV SMA Negeri 4 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Iim muslimah. 132101717. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Kelas XII IPA IV SMA Negeri 4 Pandeglang Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini berawal dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PAI masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa tidak mampu mengembangkan kemampuannya untuk berpikir lebih kritis. Berangkat dari permasalahan tersebut, solusi yang diterapkan untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian adalah menjelaskan sejauh mana hasil penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking) pada pembelajara PAI dan Budi Pekerti di kelas XII IPA 4 SMAN 4 Pandeglang. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dengan menggunakan pemecahan masalah yang berhubungan dalam dunia nyata dan membutuhkan penyelesaian serta kerjasama siswa untuk memecahkan masalah Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas XII IPA 4 SMAN 4 Pandeglang, dengan menggunakan desain model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc taggart dalam Arikunto. Variabel bebas yang diteliti yaitu Problem Based Learning, sedangkan variabel terikatnya yaitu peningkatan kemampuan berpikir kritis (critical thinking) siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode hasil pengukuran tes, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 17,64% pada pra siklus 58, 82% pada siklus I dan 88,23% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar ini menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran yang diberikan untuk guru Guru sebaiknya sering memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan siswa belajar dengan aktif, kreatif menyenangkan agar siswa mampu mengembangkan kemampuan dirinya mengembangkan pemikiran yang kritis
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 18 Jan 2022 07:09 |
Perubahan Terakhir: | 18 Jan 2022 07:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7996 |
Actions (login required)
Lihat Item |