Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang

Octafiani, Tubagus (2022) Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (424kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (285kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (506kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (642kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (345kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (231kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tubagus Octafiani. 161250060. 2020. Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang . Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya jumlah kepala sekolah yang menyadari akan peran serta tanggung jawabnya sebagai supervisor yaitu untuk mensupervisi kinerja para pegawainya salah satunya tenaga pendidik dimana supervisinya yaitu supervisi klinis, atas kurangnya peran kepala sekolah dalam mensupervisi klinis yang kurang maksimal sehingga mengakibatkan rendahnya suatu mutu pembelajaran guru salah satunya Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan supervisi klinis kepala Sekolah, bagaimana mutu pembelajaran guru dan bagaimana pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran guru pada MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Adapun tujuannya untuk Mendeskripsikan kegiatan supervisi klinis kepala sekolah, mendeskripsikan mutu pembelajaran guru dan menganalisis pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran guru pada MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 30 responden diambil dari semua populasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan polygon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian, Pertama, menunjukan tingkat supervisi klinis kepala sekolah lebih dominan pada penilaian sangat baik mencapai 89,00%. Kedua, tingkat mutu pembelajaran siswa lebih dominan tergolong kategori baik sebesar 76,83%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran siswa sebesar 30%. Dan koefisien korelasi 0,55 artinya pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran guru pada taraf yang cukup berarti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): supervisi klinis kepala sekolah, mutu pembelajaran guru
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Jan 2022 07:04
Perubahan Terakhir: 18 Jan 2022 07:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7995

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.