Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligence dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih

Khaeriyah, Khaeriyah (2022) Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligence dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (457kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (551kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (493kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (424kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (131kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Khaeriyah. NIM: 152102093, dengan judul Skripsi: Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligence dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih; 2) Mengetahui Efektivitas penerapan strategi pembelajaran multiple intelligence; 3) Mengetahui strategi pembelajaran multiple intelligence pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII di MTs Bani Karim Pegadungan. Secara teoritis penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk memberikan masukan pemikiran kepada guru dalam rangka menggunakan strategi yang dapat digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan adalah instrumen test berupa pilihan ganda. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 69,79. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 53,05. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, pada uji hipotesis dari penelitian ini adalah t0 = 2,95. perbandingan t0 dengan masing-masing hasil df hasilnya yaitu 1,684 < 2,423 < 2,95 Nilai t0 lebih besar dibandingkan ttable sehingga hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya bahwa terdapat efektivitas yang signifikan menggunakan strategi pembelajaran multiple intelligence dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebagaimana yang dibuktikan dari hasil perhitungan statistik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Fiqih, Hasil Belajar Siswa, Multiple Intelligence, Strategi Pembelajaran.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 04 Jan 2022 06:00
Perubahan Terakhir: 04 Jan 2022 06:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7869

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.