Khaerunnisa, Novita (2022) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Novita Khaerunnisa. 161210011. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis google classroom pada materi berbusana muslim di kelas X SMA N 1 Ciomas, mengetahui kelayakan pengunaan media pembelajaran e-learning berbasis google classroom pada materi berbusana muslim di kelas X SMA N 1 Ciomas dan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis google classroom pada materi berbusana muslim di kelas X SMA N 1 Ciomas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu lima tahap pengembangan antaralain Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data produk berupa data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran, dan juga berupa data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran dan siswa. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan yang dilakukan peneliti menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran e-learning berbasis google classroom pada materi berbusana muslim. Produk tersebut dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analysis (analisis), design (perancangan), developement (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi) (2) Kelayakan penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis google classroom pada materi berbusana muslim divalidasi oleh tiga validator antara lain ahli media masuk dalam kategori baik dengan skor 82 % ahli materi masuk dalam kategori baik dengan skor 82 % praktisi pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik dengan skor 98 %. Hasil uji coba skala kecil masuk dalam kategori sangat baik dengan skor 87.6 % dan hasil uji coba lapangan dalam skala besar masuk dalam kategori sangat baik dengan skor 89.83 %. (3) Hasil belajar siswa rata-rata nilai pre-test adalah 69.58 dan nilai post-test adalah 87.77. Selanjutnya rata-rata nilai gain hasil belajar siswa sebesar 18.19 dan untuk nilai N-Gain hasil belajar siswa sebesar 0.6 dengan kategori sedang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | media pembelajaran e-learning, google classroom, hasil belajar, penelitian pengembangan, ADDIE. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 04 Jan 2022 05:57 |
Perubahan Terakhir: | 04 Jan 2022 05:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7868 |
Actions (login required)
Lihat Item |