Transformasi nilai-nilai PAI dalam pengembangan Budaya Religius dan Sikap Sosial di SMAN 1 Ciomas Kab. Serang

Mulyasaroh, Mulyasaroh (2022) Transformasi nilai-nilai PAI dalam pengembangan Budaya Religius dan Sikap Sosial di SMAN 1 Ciomas Kab. Serang. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (131kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (847kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (335kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (463kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (256kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (435kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mulyasaroh, NIM: 182101122. Transformasi nilai-nilai PAI dalam pengembangan Budaya Religius dan Sikap Sosial di SMAN 1 Ciomas Kab. Serang Latar belakang dari penelitian ini berawal dari dunia pendidikan yang kurang memberikan penekanan pada aspek nilai dan hanya berfokus pada pengetahuan, Pendidikan Agama Islam yang sarat akan nilai seharusnya mengarahkan pada kebiasaan-kebiasaan (budaya) religius dan juga sikap sosial siswa, karena pendidikan agama Islam sejatinya memiliki nilai-nilai yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini nilai-nilai PAI bisa ditransformasikan untuk mengembangkan budaya religius dan sikap sosial di sekolah. Penelitian bertujuan untuk: 1)mengetahui nilai-nilai PAI; 2)memaparkan transformasi nilai PAI dalam mengembangkan budaya religius; 3)menganalisis transformasi nilai-nilai PAI dalam mengembangkan sikap sosial di SMAN 1 Ciomas Kab. Serang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil tempat di SMAN 1 Ciomas. Metode yang digunakan : 1)interview; 2)observasi; 3)dokumentasi. Analilisis data dilakukan dengan: 1)reduksi data; 2)display data; 3)verifikasi. Subyek penelitian terdiri dari: 1)kepala sekolah; 2)guru PAI; 3)peserta didik; 4)staff. Penelitian dilakukan dari bulan November 2019-Maret 2020 bertempat di SMAN 1 Ciomas Kab. Serang. Hasil penelitian: 1) Nilai-nilai PAI yang diterapkan di SMAN 1 Ciomas adalah nilai aqidah atau tauhid (sholat dan tadarus al-Quran), nilai syariah (interkasi dengan 5S, derma, pratikum hewan qurban, muhadhoroh), nilai akhlak adalah penggabungan dari nilai aqidah dan syariah; 2)Transformasi nilai PAI dalam pengembangan budaya religius bermula dari penciptaan suasana religius dengan peraturan, teladan, bimbingan. Budaya religius tersebut adalah budaya 5S, sholat, tilawah dan hafalan al-Quran, muhadhoroh; 3)Transformasi nilai PAI dalam pengembangan sikap sosial melalui kebijakan pimpinan, modeling dan pembinaan. Kegiatannya yang dilakukan adalah gerakan sedekah mushola, praktikum penyembelihan hewan Qurban Dengan transformasi ini harapannya peserta didik memiliki kepribadian dan akhlak yang baik dengan mengamalkan nilai-nilai PAI dalam bentuk budaya religius dan sikap sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius, Sikap Sosial
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 03 Jan 2022 08:24
Perubahan Terakhir: 03 Jan 2022 08:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7850

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.