Purnamawanti, Dinda (2021) Bimbingan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Ummi dalam meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Puloampel Kab. Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Dinda Purnamawanti. 171210152. 2021. Bimbingan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Puloampel Kab. Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas membaca Al-Qur‟an peserta didik di SMA Negeri 1 Puloampel, mengetahui sistem bimbingan membaca Al- Qur‟an menggunakan Metode Ummi di SMA Negeri 1 Puloampel, dan mengetahui bimbingan membaca Al-Qur‟an Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research), dengan tahapan penelitiannya yaitu persiapan sosial, community reset social problem diagnosti dan pengorganisasian masyarakat, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, serta refleksi/evaluasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) aktivitas membaca Al-Qur‟an peserta didik SMA Negeri 1 Puloampel yang mengikuti bimbingan membaca Al-Qur‟an dengan Metode Ummi sangatlah baik dengan dibuktikan dari sikap yang ditunjukkan oleh mereka yang mencerminkan akan adanya antusias para peserta didik ketika mengikuti kegiatan bimbingan, mengikuti bimbingan dengan baik dan penuh semangat, merasakan hasil dengan meningkatnya kualitas kemampuan membaca Al-Qur‟an setelah dilakukannya bimbingan, serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari; 2) sistem bimbingan membaca Al-Qur‟an dengan Metode Ummi yang diselenggarakan kepada peserta didik di SMA Negeri 1 Puloampel berlangsung sangat baik dan efektif. Sistem bimbingan yang digunakan ialah dengan berpanduan pada sistem pengajaran Metode Ummi dan buku “Belajar Mudah Membaca Al-Qur‟an Ummi Jilid 1-6.” 3) setelah diselenggarakannya kegiatan bimbingan membaca Al-Qur‟an dengan Metode Ummi pada peserta didik dapat memberikan perubahan yaitu dapat meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an peserta didik. Melalui bimbingan ini peserta didik diajarkan cara membaca Al- Qur‟an agar lebih lancar/tartil, fasih/tepat dalam pelafalan makharijul huruf, dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang semuanya merupakan indikator kualitas kemampuan membaca Al-Qur‟an.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bimbingan, Metode Ummi, Kualitas. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 30 Des 2021 05:01 |
Perubahan Terakhir: | 30 Des 2021 05:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7843 |
Actions (login required)
Lihat Item |