Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Melalui Tarian Bentang Banten (PTK di Kelas IV SDN Anyar 3)

Aningsih, Yuli Fuji (2021) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Melalui Tarian Bentang Banten (PTK di Kelas IV SDN Anyar 3). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB)
[img] Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (369kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (739kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (349kB)
[img] Teks
BAB IV .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (523kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB)

Abstrak

Yuli Fuji Aningsih. 171240049. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Melalui Tarian Bentang Banten (PTK di Kelas IV SDN Anyar 3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan keterampilan gerak tari melalui tarian bentang Banten di kelas IV SDN Anyar 3. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Anyar 3 yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi tindakan guru dan siswa, dan tes praktik kinerja siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi seni tari kreasi daerah dapat terlaksana dengan baik. Pada siklus I observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 68, pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai 95 dengan kualifikasi sangat baik, dan keterampilan gerak tari siswa melalui tari bentang Banten mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penilaian kinerja siswa dari prasiklus hingga siklus II. Nilai hasil rata-rata pada prasiklus yaitu 58, pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 69, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81. Selain itu, hasil presentase ketuntasan keterampilan gerak tari siswa pada prasiklus memiliki presentase 37%, siklus I memiliki presentase 58%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase 83%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Quantum Learning, keterampilan gerak tari, SBdP SD/MI
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Des 2021 07:15
Perubahan Terakhir: 27 Des 2021 07:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7819

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.