Pembinaan Sholat Fardhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII Di SKH N 02 Kota Serang

Mulyani, Khofifah Indah (2021) Pembinaan Sholat Fardhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII Di SKH N 02 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover Skripsi Khofifah Indah M (171210080).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (188kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Lampiran Depan Skripsi Khofifah (171210080).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (583kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I Skripsi Khofifah .pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (622kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II Skripsi Khofifah (171210080).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (812kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III Skripsi Khofifah (171210080).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (615kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV Skripsi Khofifah (171210080).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (716kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V Skripsi Khofifah (171210080).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (194kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (413kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Khofifah Indah Mulyani. NIM 171210080. 2021. Pembinaan Sholat Fardhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII Di SKh N 02 Kota Serang. Diajukan pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Latar belakang dalam penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan- permasalahan yang ada dalam sholat fardhu siswa tunagrahita, kekurangan yang ada dalam diri siswa tunagrahita mengakibatkan mereka sulit untuk dapat melaksanakan sholat dengan baik dan benar, maka dengan itu diperlukannya pembinaan dalam membantu dan menyelesaikan permasalahan siswa tunagrahita dalam sholat. Tujuan penelitian untuk 1) mengetahui pelaksanaan pembinaan sholat fardhu melalui metode demonstrasi pada siswa tunagrahita kelas VIII di SKh N 02 Kota Serang, 2) mengetahui kesulitan dan kemudahan dalam pembinaan sholat fardhu melalui metode demonstrasi pada siswa tunagrahita kelas VIII di SKh N 02 Kota Serang, 3) mengetahui hasil dari pembinaan sholat fardhu melalui metode demonstrasi pada siswa tunagrahita kelas VIII di SKh N 02 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menghasilkan kata-kata tertulis dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam pelaksanaan pembinaan sholat fardhu melalui metode demonstrasi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kedua, dalam pembinaan sholat fardhu pada siswa tunagrahita ditemukan beberapa kesulitan dan kemudahan dalam pelaksanaannya. Kesulitan dalam pembinaan yaitu siswa tunagrahita sering melakukan kesalahan dalam hitungan jumlah rakaat dan bacaan yang berantakan, kekurangan dalam intelegensi mengakibatkan siswa tunagrahita mudah untuk melupakan hal penting dalam sholat, selain itu siswa tunagrahita juga cenderung siswa yang pemalas. Sedangkan kemudahan dalam pembinaan adalah pembinaan akan mudah dilaksanakan jika siswa sudah dibekali ilmu mengenai sholat dari orang tua, suasana hati siswa tunagrahita juga sangat mempengaruhi kemudahan dalam pembinaan sholat. Ketiga, hasil yang diberikan dalam pembinaan sholat fardhu pada siswa tunagrahita, menunjukkan adanya perubahan yang positif bagi sholat fardhu siswa tunagrahita, dan tentunya hal tersebut memberikan kemajuan dalam sholat mereka untuk menjadi lebih baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Sholat Fardhu, Metode Demonstrasi, Tunagrahita
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Des 2021 07:23
Perubahan Terakhir: 21 Des 2021 07:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7792

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.