Hodijah, Ijah (2021) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (di Madrasah Aliyah Swasta Kecamatan Taktakan Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
1.COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (206kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN TESIS)
2.LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (489kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (488kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (803kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (577kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (329kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Ijah Hodijah, NIM:182101119. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Kecamatan Taktakan Kota Serang. keberhasilan belajar adalah suatu perubahan yang terjadi pada individu yang belajar, bukan saja perubahan mengenai pengatahuan, tetapi juga pengetahuan untuk membentuk kecakapan, kebiasaan, sikap, pengertian, penguasaan, dan penghargaan dalam diri individu yang belajar. Untuk memperoleh hasil belajar yang baik, dibutuhkan seorang guru yang profesional, dan yang menguasai berbagai keterampilan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat hasil kompetensi profesional guru; 2) tingkat hasil keterampilan mengajar guru; 3) tingkat hasil belajar Akidah Akhlak siswa, 4) pengaruh kompetensi profesional terhadap hasil belajar Akidah Akhlak; 5) pengaruh keterampilan mengajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak, dan 6) pengaruh kompetensi profesional dan keterampilan mengajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis korelasional dan regresional. Sampel penelitian sebanyak 98 orang siswa dari populasi 120 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample dengan menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru menggunakan angket. Sedangkan instrumen hasil belajar Akidah Akhlak diperoleh melalui dokumen hasil belajar ujian semester. Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan produck moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan metode Cronbach Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat kompetensi profesional guru adalah 75,6 %, kategori baik; 2) tingkat keterampilan mengajar guru mencapai 72,57 % kategori baik 3) tingkat hasil belajar siswa sebesar 85,38 % kategori sangat baik; 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 77,7 5; 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 74,9 5; 6) pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 78 %. Peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru. Kata kunci: Ijah Hodijah, NIM:182101119. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Kecamatan Taktakan Kota Serang. keberhasilan belajar adalah suatu perubahan yang terjadi pada individu yang belajar, bukan saja perubahan mengenai pengatahuan, tetapi juga pengetahuan untuk membentuk kecakapan, kebiasaan, sikap, pengertian, penguasaan, dan penghargaan dalam diri individu yang belajar. Untuk memperoleh hasil belajar yang baik, dibutuhkan seorang guru yang profesional, dan yang menguasai berbagai keterampilan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat hasil kompetensi profesional guru; 2) tingkat hasil keterampilan mengajar guru; 3) tingkat hasil belajar Akidah Akhlak siswa, 4) pengaruh kompetensi profesional terhadap hasil belajar Akidah Akhlak; 5) pengaruh keterampilan mengajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak, dan 6) pengaruh kompetensi profesional dan keterampilan mengajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis korelasional dan regresional. Sampel penelitian sebanyak 98 orang siswa dari populasi 120 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample dengan menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru menggunakan angket. Sedangkan instrumen hasil belajar Akidah Akhlak diperoleh melalui dokumen hasil belajar ujian semester. Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan produck moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan metode Cronbach Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat kompetensi profesional guru adalah 75,6 %, kategori baik; 2) tingkat keterampilan mengajar guru mencapai 72,57 % kategori baik 3) tingkat hasil belajar siswa sebesar 85,38 % kategori sangat baik; 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 77,7 5; 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 74,9 5; 6) pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 78 %. Peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kompetensi Profesional, Keterampilan Mengajar, dan Hasil Belajar. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Nov 2021 03:41 |
Perubahan Terakhir: | 15 Nov 2021 03:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7514 |
Actions (login required)
Lihat Item |