Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Berdasarkan Penerapan Sosiometri pada Siswa Kelas VIII SMPIT Fajrul Karim Cinangka Serang Banten

Nurani, Ersa Ayu (2021) Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Berdasarkan Penerapan Sosiometri pada Siswa Kelas VIII SMPIT Fajrul Karim Cinangka Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (109kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (7kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (460kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (300kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (644kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (712kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (286kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan dan berinteraksi dengan lingkungannya. Berinteraksi dengan orang lain disebut hubungan interpesonal, manusia dapat berinteraksi baik di rumah, sekolah, kantor, tetangga dan lainnya. Berinteraksi tidak bisa dihindari dalam bersosial. Siswa yang bersekolah di pesantren tingkat interaksinya lebih sering dibandingkan siswa yang hanya bertemu di sekolah. Di Pondok Pesantren siswa melakukan interaksi setiap hari selama 24 jam. SMPIT Fajrul Karim merupakan sekolah yang berasrama. Sehingga siswa lebih sering melakukan interaksi dengan yang lainnya. Tingkat interaksi yang sering dapat menciptakan hubungan interpersonal yang baik atau buuruk, tergantung kemampuan siswa dalam melakukan hubungan interpersonal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan sosiometri untuk mengetahui kemampuan hubungan interpersonal siswa, 2) Bagaimana penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan kemampuan hubungan interpesonal siswa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui penerapan sosiometri untuk mengetahui kemampuan hubungan interpersonal siswa, 2) Untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan kemampuan hubungan interpesonal siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunaan metode kualitatif dengan format desain deskriptif analisis, yaitu menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan instrumen sosiometri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan sosiometri untuk mengetahui hubungan interpersonal merupakan alat bantu yang tepat guna mendapatkan data hubungan interpersonal. Kondisi hubungan interpersonal siswa SMPIT Fajrul Karim memiliki perubahan setelah diberikan treatmen konseling kelompok. Hasil data pra treatment sampai pos treatment menunjukan perubahan hubungan interpersonal yang lebih baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Kelompok, Hubungan Interpersonal, Sosiometri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2021 04:04
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 03:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7389

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.