Millah, Siti Ropiatul (2021) Sertifikasi Guru Dan Peningkatan Mutu Kinerja Guru di MA Negeri 2 Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
cover,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAGIAN DEPAN)
bagian depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (677kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (226kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (355kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (254kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V ,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA,.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (82kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Siti Ropiatul Millah. 161250058. 2020. Sertifikasi Guru Dan Peningkatan Mutu Kinerja Guru di MA Negeri 2 Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keikutsertaan guru dalam proses sertifikasi; 2) Mendeskripsikan tahapan sertifikasi guru; 3) Mendeskripsikan kinerja guru tersertifikasi; 4) Mendeskripsikan manfaat sertifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di MA Negeri 2 Kabupaten Pandeglang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Keikutsertaan guru dalam program sertifikasi begitu antusias, mulai dari informasi yang disosialisasikan oleh kepala sekolah, mengajukan dan mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan; Kedua, ketika tahap awal dinyatakan lulus, guru akan mengumpulkan portofolio sebagai tahap selanjutnya, dan bagi guru yang tidak lulus pada jalur portofolio maka guru akan mengikuti sertifikasi melalui PLPG. Dan sebagian besar guru mengikuti sertifikasi jalur PLPG sampai pengumuman sertifikasi dan menerima tunjangan; Ketiga, guru yang telah sertifikasi telah berusaha dan menunjukkan peningkatan kinerjanya, dengan adanya tuntutan dan tanggung jawab yang lebih, guru selalu berusaha untuk mengupgrade kinerjanya untuk lebih baik lagi, berinovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dan media belajar, melakukan evaluasi belajar agar siswa/I memahami materi yang telah disampaikan. Dari supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah, secara keseluruhan guru telah menunjukkan peningkatan mutu kinerjanya, meski secara personal masih ada yang belum menunjukkan peningkatan kinerjanya; Keempat, manfaat dari sertifikasi yang dirasakan oleh guru yaitu mendapatkan kesejahteraan guru, menambah wawasan, tanggung jawab serta tuntutan agar menjadi guru yang profesional.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Sertifikasi, Kinerja Guru. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2021 01:46 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2021 01:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7333 |
Actions (login required)
Lihat Item |