Pengembangan Media Boneka Wayang dalam pembelajaran IPS tentang peristiwa proklamasi. (Research and Development di Kelas V SD Negeri Benoa Jl. Bongla KM 4, Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten)

Revianti, Rosalia Annisa (2021) Pengembangan Media Boneka Wayang dalam pembelajaran IPS tentang peristiwa proklamasi. (Research and Development di Kelas V SD Negeri Benoa Jl. Bongla KM 4, Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
lampiran depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (249kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (136kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (273kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (70kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (77kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Rosalia Annisa Revianti, 161240079, 2020, Pengembangan Boneka Wayang dalam pembelajaran IPS tentang peristiwa proklamasi. (Research and Development di Kelas V SD Negeri Benoa Jl. Bongla KM 4, Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten) Tujuan dari penelitian ini, sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan media boneka wayang pada pembelajaran IPS kelas V ?; (2) Untuk mengetahui hasil kelayakan media boneka wayang pada pembelajaran IPS kelas V?. Peneliti menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan memodifikasikan model Borg dan Gall yang dilakukan hingga pada langkah ke lima, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut; (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Desain produk, (3) Uji validitas, (4) Revisi produk, dan (5) Uji coba produk. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan suatu produk berupa media boneka wayang pada pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka wayang dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase penilaian dari ahli media setelah direvisi 98,61% dan persentase penilaian dari ahli materi setelah direvisi 98,75% yang menunjukkan klasifikasi sangat baik dan penilaian uji kelayakan oleh ahli media dan materi, serta hasil penilaian uji coba produk yang dilakukan kepada siswa melalui angket mendapat butir penyataan persentase 99,9% yaitu termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Adanya produk ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didik, sebagai tambahan media bagi pendidik, dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih menyempurnakan media boneka wayang agar lebih edukatif serta inovatif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Research And Development, Media Boneka Wayang, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2021 06:29
Perubahan Terakhir: 22 Sep 2022 07:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7319

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.