Wargono, Wargono (2021) Kontribusi Ikatan Pendidik Qur’an dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Baca Tulis Al-Qur’an Guru Madrasah Diniyah (Studi di Madrasah Diniyah Mu'awantusy Syubban dan Madrasah Diniyah Ath-Thalabah Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Wargono. NIM: 182610010. Dengan judul Tesis Kontribusi Ikatan Pendidik Qur’an dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Baca Tulis Al-Qur’an Guru Madrasah Diniyah (Studi di Madrasah Diniyah Mu'awantusy Syubban dan Madrasah Diniyah Ath-Thalabah Kota Serang). Dalam upaya meningkatkan kemampuan mengajar Baca Tulis Al-Qur’an guru madrasah di Kota Serang, peneliti melakukan penelitian di Madrasah DiniyahMu’awanatusy Syubban Kelurahan Kaujon Kota Serang dan Madrasah Diniyah Ath-Thalabah Kelurahan Sumur Pecung Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui kontribusi Ikatan Pendidik Qur’an terhadap kemampuan mengajar guru BTQ di Kota Serang. (2). Untuk mengetahui kontribusi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an terhadap kemampuan mengajar BTQ guru madrasah di Kota Serang. (3). Untuk mengetahui manfaat dari pembinaan IPQ dan LPTQ terhadap kemampuan mengajar guru BTQ di Madrasah di Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yang bertujuan untuk menggali data dan informasi mengenai kontribusi IPQ dan LPTQ Kota Serang terhadap kemampuan mengajar guru Baca Tulis Qur’an Guru di Madrasah DiniyahMu’awanatusy Syubban Kelurahan Kaujon Kota Serang dan Madrasah DiniyahAth-Thalabah Kelurahan Sumur Pecung Kota Serang yang pernah dilakukan pelatihan dan pembinaan oleh IPQ dan LPTQ Kota Serang. Hasil penelitian dan pembahasan adalah (1). Pelatihan dan Pembinaan yang dilakukan di Madrasah DiniyahMu’awanatusy Syubban secara langsung atau tatap muka, sedangkan pelatihan dan pembinaan di Madrasah Mu’awanatusy Syubban secara Virtual (2). Pelatihan dan Pembinaan dari IPQ dan LPQ Kota Serang, yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Mu’awanatusy Syubban secara resmi baru dilaksanakan sekali.Tetapi secara mandiri guru di Madrasah Diniyah Mu’wanatusy Syubban sering melakukan pelatihan dari Lembaga yang menjadi bagian dari IPQ yaitu BKPAKSI, dengan menggunakan metode Tilawati. Sedangkan Pelatihan dan Pembinaan yang dilakukan di Madrasah Diniyah Ath-Thalabah Kelurahan Sumur Pecung Kota Serang, baru pertama kali dilakukan. (3). Manfaat yang muncul dari pelatihan dan pembinaan yang dilakukan oleh IPQ dan LPTQ Kota Serang, diantaranya adalah terjalinya hubungan yang searah antara Madrasah dengan IPQ , LPTQ, dan Kementrian Agama Kota Serang, Madrasah lebih bermutu, bertambahnya wawasan, ketrampilan, dan ilmu pengetahuan Kepala Madrasah dan para Guru. Pelatihan dan pembinaan tersebut menjadikan Guru dan siswa lebih bersemangat dan kreatif dalam pembelajaran, suasana pembelajaran lebih nyaman dan menyenangkan karena menggunakan lagu yang terkenal dinamis yaitu lagu rost dalam membaca setiap materi dalam pembelajaran yang dilakukan. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan mengajar guru BTQ Madrasah di Kota Serang, maka IPQ dan LPTQ Kota Serang berkomitmen untuk melakukan pembinaan secara intensif sehingga seluruh guru BTQ Madrasah di Kota Serang dapat pembinaan dan pelatihan secara sistematis.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | IPQ, LPTQ, Kemampuan mengajar BTQ guru Madrasah. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Okt 2021 07:47 |
Perubahan Terakhir: | 15 Okt 2021 07:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7155 |
Actions (login required)
Lihat Item |