Mutiah, Mutiah (2021) Pengaruh Sholat Subuh Berjamaah dan Tadarus Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa (Studi di Pondok Pesantren Daarul Muqimien Tangerang Tahun 2018/2019). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (66kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (446kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (259kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (454kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (528kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (702kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (234kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Mutiah, NIM 172012105, Judul Tesis Pengaruh Sholat Subuh Berjamaah dan Tadarus Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa (Studi di Pondok Pesantren Daarul Muqimien Tangerang Tahun 2018/2019). Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sultan Maulana Hasanudin Banten, 2019. Penelitian ini merupakan pengaruh sholat subuh berjamaah dan tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa (studi di Pondok Pesantren Daarul Muqimien) Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat hubungan sholat subuh berjamaah. 2) tingkat hubungan tadarus Al-Qur’an. 3) tingkat hubungan kecerdasan spiritual siswa. 4) hubungan sholat subuh berjamaah dengan kecerdasan spiritual siswa. 5) hubungan tadarus Al-Qur’an dengan kecerdasan spiritual siswa. 6) hubungan sholat subuh berjamaah dan tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa (Studi di Pondok Pesantren Daarul Muqimien Tangerang). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis koefesien korelasi berganda. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan quota sampling sebanyak 50 siswa atau sebesar 45%. Data variabel kecerdasan spiritual diperoleh: 1) melalui kuesioner, sedangkan data variabel sholat subuh berjamaah dan tadarus Al-Qur’an diperoleh melalui pretes. Uji validitas instrument menggunakan korelasi Product Moment, uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat ketercapaiam sholat subuh berjamaah adalah sangat baik mencapai 76,31%. 2) tingkat ketercapaian tadarus Al-Qur’an adalah sangat baik dengan mencapai 75,33%. 3) tingkat ketercapaian kecerdasan spiritual siswa adalah sangat baik dengan mencapai 75,15%. 4) terdapat hubungan yang signifikan antara sholat subuh berjamaah sangat baik terhadap kecerdasan spiritual siswa. Kontribusi sholat subuh berjamaah terhadap kecerdasan spiritual siswa mencapai 65,60%. 5) tidak terdapat hubungan signifikan antara tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa. Kontribusi tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa mencapai 10,40%. 6) terdapat hubungan yang positif antara sholat subuh berjamaah dan tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa. Kontribusi sholat subuh berjamaah dan tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa mencapai 68,10%. Hasil kecerdasan spiritual siswa dapat diperbaiki dan ditingkatkan melalui peningkatan motivasi siswa, strategi dan kebijakan yang dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di pondok pesantren.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Sholat Subuh Berjamaah, Tadarus Al-Qur’an dan Kecerdasan Spiritual |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Okt 2021 02:58 |
Perubahan Terakhir: | 15 Okt 2021 02:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7149 |
Actions (login required)
Lihat Item |