Analisis Tanggung Jawab Perusahaan Grab Terhadap Kecelakaan Pengemudi Pada Komunitas Ojek Online Grab (Studi Kasus: Komunitas Sahabat Moderland Sejati)

Alfian, Hanafi (2021) Analisis Tanggung Jawab Perusahaan Grab Terhadap Kecelakaan Pengemudi Pada Komunitas Ojek Online Grab (Studi Kasus: Komunitas Sahabat Moderland Sejati). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (598kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (641kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (452kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (197kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (327kB)

Abstrak

Hanafi Alfian, NIM: 171430016, Judul: Analisis Tanggung Jawab Perusahaan Grab Terhadap Kecelakaan Pengemudi Pada Komunitas Ojek Online Grab (Studi Kasus: Komunitas Sahabat Moderland Sejati) Tanggung jawab sebagai bentuk kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawab sangat penting agar nantinya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dapat diketahui siapa yang dapat dimintai pertanggung jawaban dalam hal tersebut. Tanggung jawab yang timbul pada PT. Grab Indonesia akibat adanya pelaksanaan jasa transportasi berbasis aplikasi beraneka ragam yaitu mulai dari tanggung jawab atas pelayanan yang diberikan, tanggung jawab terhadap perlindungan privasi pengemudi serta penumpang, asuransi hingga tanggung jawab atas keamanan transportasi itu sendiri. Berdasarkan latar belakang diatas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tanggung jawab perusahaan terhadap klaim asuransi kecelakaan untuk pengemudi? (2) Bagaimana perspektif syariah terhadap klaim kecelakaan pengemudi pada komunitas ojek online? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan terhadap klaim asuransi kecelakaan untuk pengemudi. (2) Untuk mengetahui perspektif syariah terhadap klaim kecelakaan pengemudi pada komunitas ojek online. Berdasarkan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang digunakan data data primer dan data sekunder. Data primer yaitu melakukan observasi, wawancara atau interaksi dengan pihak – pihak yang mengetahui objek penelitian. Data sekunder yaitu data yang berasal dari literatur – literature kepustakaan seperti buku, majalah, artikel, media tulis serta media elektronik yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan Grab bertanggung jawab kepada pengemudi ojek online dalam hal kecelakaan, bentuk tanggung jawab yang diberikan perusahaan Grab dalam bentuk asuransi kecelakaan. Asuransi kecelakaan tersebut dimulai sejak pengemudi mengaktifkan aplikasi, mencari pekerjaan, mengantarkan penumpang atau pesanan dan mencari pekerjaan kembali.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 11 Okt 2021 09:18
Perubahan Terakhir: 12 Okt 2021 05:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7094

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.