Nakiyah, Nakiyah (2021) Pengaruh Penggunaan Model Novick Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana di Kelas III SD Tenjoayu 2. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (29kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (423kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (180kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (253kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (511kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (430kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (135kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nakiyah, NIM: 132400576. “Pengaruh Penggunaan Model Novick Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana di Kelas III SD Tenjoayu 2”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Novic, kemudian untuk mengetahui prosedur penerapan model pembelajaran Novic pada pembelajaran matematika serta untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Novic pada pembelajan matematika di kelas III SD Trnjoayu 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan tes. Pada observasi dilakukan sebanyak tiga kali observasi, yaitu sebelum perlakuan (pretest), pemberian perlakuan (treatment) dan sesudah pemberian perlakuan (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Tenjoayu 2. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A SD Tenjoayu 2 sebagai kelompok kontrol yaitu kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan model konvensional dan kelas III B SD Tenjoayu 2 sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan model Novick. Berdasarkan hasil analisis akhir, didapatkan nilai rerata siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Sebelum menerima perlakuan, nilai rerata hasil belajar siswa untuk kelas III A yaitu 31,042 dan rata-rata kelas IIIB yaitu 30, 833. Setelah diberikan perlakuan nilai rerata hasil belajar siswa terdapat peningkatan hasil pembelajaran dengan hasil postest Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 58.75. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai postest kelas eksperimen dan postest kelas kontrol. Hal ini menunjukan adanya pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang pecahan sederhana di kelas III SD Tenjoayu 2.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 25 Aug 2021 03:05 |
Perubahan Terakhir: | 25 Aug 2021 03:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6989 |
Actions (login required)
Lihat Item |