Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Debate Active Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak (Kuasi Eksperimen MAN 1 Kota Serang)

Nurhasanah, Nurhasanah (2021) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Debate Active Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak (Kuasi Eksperimen MAN 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI print.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI print.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (394kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I print.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (234kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II print.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB)
[img] Teks
BAB III print.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (452kB)
[img] Teks
BAB IV print.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (668kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V print.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA print.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (220kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nurhasanah. 161210081. 2021. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Debate Active Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak (Kuasi Eksperimen MAN 1 Kota Serang). TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiEfektivitas Penerapan Model Pembelajaran Debate Active Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Quasi Eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data tes, angket dan dokumentasi dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikanpadamodel pembelajaran debate activedalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan melihat dari kelas eksperimen sebelum perlakuan (pre-test) rata-rata 40,7 setelah perlakuan (post-test) 70, dan nilai rata-rata nilai kelas kontrol sebelum perlakuan (pre-test) 41,4 setelah perlakuan (post-test) 60,6. Sedangkan uji hipotesis untuk post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh nilai probalitas pada signifikan (2-tailed) adalah 0,001 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkatkemampuanberpikirkritiskelasekperimenlebihtinggidaripadakelas kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model pembelajaran , debate active, kemampuan berfikir kritis
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 25 Jun 2021 00:49
Perubahan Terakhir: 25 Jun 2021 00:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6883

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.