Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sudut Terhadap Pemahaman Konsep Sudut Matematika Pada Pokok Bahasan Sudut (Kuasi Eksperimen Di Kelas V SDN Kaduronyok 1 Kabupaten Pandeglang)

Wida, Faizatul (2021) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sudut Terhadap Pemahaman Konsep Sudut Matematika Pada Pokok Bahasan Sudut (Kuasi Eksperimen Di Kelas V SDN Kaduronyok 1 Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (363kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (150kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (210kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (338kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB)

Abstrak

Faizatul Wida, NIM: 142400711, Judul Skripsi: Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Sudut Terhadap Pemahaman Konsep Sudut Matematika Pada Pokok Bahasan Sudut(Kuasi Eksperimen Di Kelas V SDN Kaduronyok 1 Kabupaten Pandeglang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sudut terhadap pemahaman konsep sudut matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah, yang pertama karena pentingnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika terutama geometri yaitu pada pokok bahasan sudut, dan yang kedua oleh masih banyaknya siswa yang belum memahami konsep sudut matematika. Oleh karena masalah itu, perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan nonequivalent group design dengan sampel 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan di SDN Kaduronyok 1 yang beralamat di Desa Kaduronyok, Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang. Penerapan pembelajaran kelompok eksperimen menggunakan alat peraga sudut memperoleh nilai rata-rata 70,25 sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 61,90. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dianalisis menggunakan pengujian statistik berupa uji-t dan diperoleh thitung 4,99067 dan ttabel 1,68595. Berdasarkan kriteria nilai tersebut menunjukkan tingkat pengaruh penggunaan alat peraga sudut terhadap pemahaman konsep sudut matematika cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga sudut terhadap pemahaman konsep sudut matematika yang signifikan. Dengan demikian pembelajaran matematika pada pokok bahasan sudut dengan menggunakan alat peraga sudut dapat menjadi alternatif yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Alat peraga sudut, pemahaman konsep sudut matematika
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Jun 2021 02:42
Perubahan Terakhir: 21 Jun 2021 02:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6794

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.