Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Organ Tubuh Manusia dan Hewan Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kemang Kota Serang

Sumarni, Ayu (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Organ Tubuh Manusia dan Hewan Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kemang Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (309kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (308kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (459kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (508kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ayu Sumarni, NIM: 152400829, Judul Skripsi : “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Organ Tubuh Manusia dan Hewan Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kemang Kota Serang”. (PTK di kelas V SDN Kemang Kota. Serang) Penelitian ini dilatar belakangi bahwa rendahnya hasil belajar IPA disebabkan karena beberapa faktor yang mempengaruhi selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran IPA diantaranya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, antusias siswa dalam belajar IPA rendah, kondisi lingkungan yang kurang mendukung siswa dalam belajar, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Hasil belajar IPA yang didapatkan masih rendah, hal ini ditunjukkan pada nilai UAS semester ganjil yang sebagian siswanya masih belum mencapai standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Batas nilai KKM IPA yang telah ditentukan adalah 6,8. Namun siswa yang belum tuntas hasil belajarnya adalah sebanyak 20 siswa dari 36 siswa. Ke-20 siswa tersebut masih memiliki nilai hasil belajar IPA dibawah 6,8. Hasil yang dipraktekan oleh peneliti untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas V SDN Kemang Kota Serang. Semula siswa sulit membedakan organ tubuh manusia dan hewan, maka setelah diadakan perbaikan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual kemampuan siswa menjadi meningkat, terbukti hasil tes formatif yang meningkat.Menggunakan media gambar dapat meningkatkan penguasaan siswa. Dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pembelajaran yang dilakukan guru menjadi lebih efektif dan membuat siswa lebih dekat dan komunikatif dengan guru, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.Penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil belajar siswa, organ tubuh manusia dan hewan, model Contextual Teaching and Learning
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 31 Mei 2021 04:47
Perubahan Terakhir: 31 Mei 2021 04:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6731

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.