Anida, Anida (2021) Pengembangan Media Kartu Huruf Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan (R&D di Kelas 1 SDN Cibonteng). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1 COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (114kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2 bagian depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (283kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (163kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (223kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (593kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (291kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (156kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Anida, NIM: 161240089, Judul: Pengembangan Media Kartu Huruf Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan (R&D di Kelas 1 SDN Cibonteng) Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya siswa dalam menulis permulaan akibat dalam pembelajaran siswa hanya melafalkan huruf-huruf alphabeth dan kurangnya media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media kartu Huruf Bergambar dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana cara pengembangan media kartu huruf bergambar untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas 1 SDN Cibonteng? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang merujuk pada prosedure Thiagarajan (1974) model 4D, terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, pengembangan tahap define mendapati adanya kebutuhan, tahap perencanaan telah membuat isntrumen, pemilihan model, pemilihan format pembuatan desain kartu serta rancanangan awal, tahap pengembangan model sudah terlihat praktis, luwes, tampilan isi, materi dan rancangan proses pembelajaran sudah baik. Kedua, hasil uji model pengembangan layak yang telah divalidasi ahli media dan ahli materi, hasil ujicoba/penyebaran terbatas mendapati penilaian 82% oleh guru dan 62% oleh siswa. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti pada kemampuan menulis permulaan layak digunakan sebagai sumber belajar, namun masih perlu untuk disempurnakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, Media Kartu Huruf bergambar, Menulis Permulaan. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 30 Apr 2021 03:16 |
Perubahan Terakhir: | 30 Apr 2021 03:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6656 |
Actions (login required)
Lihat Item |