Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Serang Dan Cilegon

Aulia, Muhamad Zulvan (2021) Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Serang Dan Cilegon. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
TESIS-182320072-Halaman Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB)
[img] Teks
TESIS-182320072-Halaman Depan & Daftar Isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
TESIS-182320072-Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (591kB)
[img] Teks
TESIS-182320072-Bab II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
TESIS-182320072-Bab III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB)
[img] Teks
TESIS-182320072-Bab IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (582kB)
[img] Teks
TESIS-182320072-Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB)
[img] Teks
TESIS-182320072-Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Muhamad Zulvan Aulia, NIM: 182320072, Judul Tesis: Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Serang Dan Cilegon. Dampak dari tren online shopping membuat setiap pelaku bisnis menginginkan produknya dikenal oleh masyarakat secara luas. Sistem jual beli sistem online (e-commerce) sama halnya dengan jual beli dalam konteks muamalah akan sah jika transaksi dan akadnya sesuai dalam Al-Qur’an maupun dalam al-hadis. Namun, terdapat kekurangan dari sistem belanja online, seperti masalah kualitas produk hingga kejahatan peretasan akun pengguna. E- service quality merupakan hal utama dalam meminimalisir terjadinya masalah tersebut. Strategi potongan harga atau diskon dilakukan sebagai penjualan yang terencana supaya memiliki kemampuan untuk memindahkan persediaan, menarik pelanggan baru, dan mencapai target penjualan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimanakah pengaruh E-service quality terhadap minat beli pada produk fashion di Shopee? 2) bagaimanakah pengaruh diskon terhadap minat beli pada produk fashion di Shopee? 3) bagaimana pengaruh E-service quality dan diskon terhadap minat beli pada produk fashion di Shopee? 4) bagaimanakah jual beli online menurut perspektif Ekonomi Islam? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh E-service quality terhadap minat beli pada produk fashion di Shopee 2) untuk mengetahui pengaruh diskon terhadap minat beli pada produk fashion di Shopee 3) untuk mengetahui pengaruh E-service quality dan diskon terhadap minat beli pada produk fashion di Shopee 4) untuk mengetahui jual beli online dalam islam. Jenis Penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi generasi millenial minimal berusia 25 dan maksimal berusia 34 yang menggunakan aplikasi Shopee di Kota Serang dan Cilegon. Perhitungan jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan perhitungan yang dijelaskan oleh Ferdinand, maka diperoleh sebanyak 50 sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi, dan uji hipotesis, koefisien korelasi (R), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa; E-service quality memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan dengan sig. t sebesar 0,00 (p <0,05), sehingga keputusannya menerima H1 dan menolak H0. Kemudian, diskon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian produk fashion di Shopee, dengan sig. t sebesar 0,00 (p <0,05), sehingga keputusannya menerima H2 dan menolak H0. Sementara itu, E-service quality dan diskon secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian produk fashion di Shopee, dengan sig. f sebesar 0,00 (p <0,05), sehingga keputusannya menerima H3 dan menolak H0. Islam memperbolehkan jual beli online, selama tidak ada unsur keharaman didalamnya dan akad yang terkandung dalam jual beli online adalah: akad salam, wakalah dan khiyar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): E- Service Quality, Diskon, Minat Beli Konsumen, Produk Fashion Shopee, Jual Beli Online dalam Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: PASCASARJANA > Hukum Ekonomi Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 30 Apr 2021 02:19
Perubahan Terakhir: 30 Apr 2021 02:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6647

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.