Maimanah, Siti (2021) Pengaruh Penerapan Model Student Achievement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1 cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2bagian depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (245kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (191kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (312kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (334kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (395kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Siti Maimanah. Nim: 152400839. 2019. Pengaruh Penerapan Model Student Achievement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD/MI (Pre-Eksperimen di kelas IV SD Negeri Cipeucang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang) Pembelajaran menulis khususnya menulis puisi memiliki tujuan agar siswa dapat terampil menulis puisi dengan mudah dan baik, serta bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model STAD terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Cipeucang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang. Penelitian ini mencoba menggunakan model STAD dalam pembelajaran menulis puisi. Dengan menerapkan model STAD dalam pembelajaran menulis puisi diharapkan siswa lebih kreatif dalam mengorganisasikan ide-ideserta dapat membantu siswa memudahkan menyusunnya dalam bentuk karya sastra puisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas IV. Sampel yang diambil 20 siswa terdiri dari laki-laki 9 siswa, perempuan 11 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji noemalits, uji homogenitas,, dan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan tidak menggunakan pembelajaran model STAD memperoleh rata-rata nilai pretest 46,7 sedangkan hasil penelitian dengan menggunakan model STAD memperoleh rata-rata posttest 66,3. Hasil analisis data meembuktikan bahwa materi keterampilan menulis puisi siswa Kelas IV SD Negeri Cipeucang telah menggunakan pembelajaran model STAD lebih baik dari pada sebelum menggunakan model STAD terhadap keterampilan menulis puisi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model STAD, Keterampilan, dan Menulis Puisi |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Apr 2021 04:21 |
Perubahan Terakhir: | 29 Apr 2021 04:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6618 |
Actions (login required)
Lihat Item |