Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar IPA Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SD (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Ciwaktu)

Khairunnisa, Agustri Aulia (2021) Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar IPA Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SD (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Ciwaktu). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1.COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (200kB)
[img] Teks
Lampiran 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (587kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (333kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (523kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (565kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (656kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (192kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (295kB)

Abstrak

Agustri Aulia Khairunnisa. 161240071. 2020. Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar IPA Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan di Kelas V SD (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Ciwaktu) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan pendekatan scientific terhadap hasil belajar ipa tema organ gerak hewan dan manusia subtema organ gerak hewan di kelas V SDN Ciwaktu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas V semester ganjil Tahun 2020/2021 di Kecamatan Serang. Dikarenakan adanya pandemik Covid-19 maka sampel yang digunakan hanya sebagian dari jumlah seluruh siswa yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 16 siswa di SD Negeri Ciwaktu. Tahap uji instrument yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menerapkan pendekatan scientific memperoleh rata-rata nilai post-test 83,87 sedangkan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran biasa (konvensional) memperoleh rata-rata nilai post-test 65,2. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar ipa pada tema organ gerak hewan dan manusia subtema organ gerak hewan kelas V yang diajarkan dengan menerapkan pendekatan scientific lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional) (thitung > ttabel yaitu 6,440 > 2,042). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific berpengaruh terhadap hasil belajar IPA tema organ gerak hewan dan manusia subtema organ gerak hewan di kelas V SDN Ciwaktu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Scientific, Hasil Belajar, IPA.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 04:03
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 04:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6615

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.