Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Organ Pencernaan Hewan dan Manusia (Kuasi-Eksperimen di Kelas V SDN Carenang 1)

Nasiroh, Ade (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Organ Pencernaan Hewan dan Manusia (Kuasi-Eksperimen di Kelas V SDN Carenang 1). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
[img] Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB)
[img] Teks
BAB 2.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (477kB)
[img] Teks
BAB 3.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (530kB)
[img] Teks
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (579kB)
[img] Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB)
[img] Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (201kB)

Abstrak

Ade Nasiroh, 161240076, 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Organ Pencernaan Hewan dan Manusia (Kuasi-Eksperimen di Kelas V SDN Carenang 1) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar IPA materi organ pencernaan hewan dan manusia di kelas V SDN Carenang 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen SDN Carenang 1. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji-t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata nilai pretest kelas VA sebesar 52,26 dan kelas VB sebesar 43,33. Dan nilai posttest kelas VA sebesar 65,53 dan kelas VB sebesar 76,66. Dilihat dari yang meningkat pada hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA materi organ pencernaan hewan dan manusia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar, IPA
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 03:48
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 03:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.