Implementasi Program Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa (Studi Deskriptif di MTsN 1 Pandeglang)

Sari, Zahenty Danah (2021) Implementasi Program Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa (Studi Deskriptif di MTsN 1 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1 cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB)
[img] Teks
2 bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (355kB)
[img] Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (276kB)
[img] Teks
BAB 2.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (325kB)
[img] Teks
BAB 3.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (308kB)
[img] Teks
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (242kB)
[img] Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (129kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (220kB)

Abstrak

ZAHENTY DANAH SARI, NIM: 142101879, judul skripsi: “Implementasi Program Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa (Studi Deskriptif di MTsN 1 Pandeglang)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program kelas unggulan dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penulisan bersifat deskriptif, prosedur pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Implementasi program kelas unggulan memiliki KBM 1x40 menit lebih banyak dari kelas reguler. Pendalaman sesuai spesifikasi keunggulannya, sebagian pengajar dari luar sekolah, jalur seleksi PPDB lebih ketat, fasilitas kelas dan pendanaan sedikit berbeda serta siswa diwajibkan menghafal juz 30 dalam satu semester. Tujuannya adalah Melahirkan lulusan yang taat beragama, unggul dalam prestasi, terampil dalam bahasa, IPTEK dan peduli lingkungan sesuai dengan spesifikasi keunggulan masing-masing. Kendalanya, beberapa siswa baru awalnya kesulitan mengikuti jam belajar hingga sore hingga memilih untuk di pindahkan ke kelas regular. Cara mengatasi hambatan/kendala dalam penyelenggaraan program kelas unggulan dengan pendekatan emosional, memberikan bimbingan konseling, konsultasi dengan orangtua siswa. Apabila upaya masih belum menemukan titik terang pihak sekolah akan menggeser siswa ke kelas unggulan lain atau ke kelas regular. Sistem evaluasi kelas unggulan berdasarkan asas penilaian objektif dan komprehensif. Bentuk penilaian diantaranya; penilaian portofolio, demonstrasi, tes tulis, hafalan dan sebagainya. Pelaksanaan program kelas unggulan dapat meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 1 Pandeglang dalam aspek afektif, aspek kognitifnya dan aspek psikomotorik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kelas Unggulan, Mutu Pendidikan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 03:05
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 03:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6606

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.