Wahyudin, Devi (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits (PTK di Kelas VIII MTs Masarratul Muta’allimin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (422kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
3. BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (164kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
4. BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (246kB) |
||
Teks
5. BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (414kB) |
||
Teks
6. BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (336kB) |
||
|
Teks
7. BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Devi Wahyudin, NIM: 122111532, Judul Skripsi Penerapan Metode Pembelajaran Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits (PTK di Kelas VIII MTs Masarratul Muta’allimin Banten) Pembelajaran Al-Quran Hadits di kelas VIII MTs Masarratul Muta’allimin Banten menggunakan metode konvensional, sehingga dalam proses pembelajarannya hanya berjalan satu arah, hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perbaikan pembelajaran sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Masarratul Muta’allimin Banten dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penggunaan metode Teman Sebaya diharapkan dapat meningkatkan Kemampuan Kognitif belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan metode Pembelajaran teman sebaya (peer teaching) dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas 8 di MTs Masarratul Muta’allimin Banten. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunkan model PTK Kemmis dan Mc Taggart, yang dilakukan dikelas VIII MTs Masarratul Muta’allimin Banten dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode pembelajaran Teman Sebaya. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, pertama, penerapan metode Teman Sebaya sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam metode Teman Sebaya dapat dilakukan dengan baik. Kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai dari setiap siklus. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Teman Sebaya pada pembelajaran Al-Quran Hadits pada materi hukum bacaan laam dan ra’ meningkatkan kemampuan kognitif.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Al-Quran-Hadits, Kemampuan Kognitif, Metode Pembelajaran Teman Sebaya, |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Apr 2021 02:27 |
Perubahan Terakhir: | 29 Apr 2021 02:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6604 |
Actions (login required)
Lihat Item |