Implementasi Penggunaan Buku Literasi Siswa dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an (Studi di MAN 2 Kota Cilegon)

Pratiwi, Amalia (2021) Implementasi Penggunaan Buku Literasi Siswa dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an (Studi di MAN 2 Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
lampiran depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (410kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (301kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (494kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (194kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (404kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (266kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Amalia Pratiwi. 161210137. 2020. Implementasi Penggunaan Buku Literasi Siswa dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an (Studi di MAN 2 Kota Cilegon). Diajukan pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Literasi adalah suatu kemampuan atau keterampilan individu dalam membaca, dan menulis yang dituangkan ke dalam sebuah gagasan. Dapat juga dikatakan tidak hanya berkutat pada pemahaman seseorang untuk mengenali atau membaca dan menginterpretasi lambang huruf dan angka saja, tetapi juga kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual baik berupa gambar, video, maupun adegan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai Implementasi Penggunaan Buku literasi Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an yang diterapkan di MAN 2 Kota Cilegon. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang mampu membaca, menulis dan memahami Al-Qur’an, karena kurangnya minat dan motivasi dalam diri siswa. Sungguh prihatin apabila siswa tidak memahami akan pentingnya belajar Al-Qur’an. Maka dari itu membaca, menulis dan memahami Al-Qur’an perlu diperhatikan. Dengan demikian Implementasi Penggunaan Buku Literasi Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Terdapat 2 data untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap pemahman Al-Qur’an yaitu perlu dilakukannya observasi dan wawancara untuk lebih mengetahui hasil dari peningkatan kemampuan pemahaman Al-Qur’an. Hasil yang lebih efektif untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman Al-Qur’an adalah dengan data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Penggunaan Buku Literasi Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an dapat membantu siswa dalam melancarkan bacaan Al-Qur’an, mengetahui lebih luas kosa kata Bahasa Arab, menjadikan siswa terbiasa menulis Arab dan dapat membantu siswa dalam mengetahui ilmu tajwid, kemudian juga dapat membantu dan memudahkan siswa dalam menterjemahkan pada pelajaran Bahasa Arab. Implementasi Penggunaan Buku Literasi Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an dengan catatan yaitu 1). Buku literasi siswa harus dibawa ke sekolah setiap hari 2). Buku literasi siswa harus sudah berisi catatan ayat-ayat Al-Qur’an beserta terjemahannya sebelum di kumpulkan dan dinilai. 3). Akan diujikan baca tulis Al-Qur’an atau siding munaqosyah saat di kelas XII.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Literasi, Kemampuan Pemahaman Al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 01:54
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 01:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.