Implementasi Pembelajaran Tematik Model Cooperative Type Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN Pegandikan 1 Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Serang

Fitriani, Vita (2021) Implementasi Pembelajaran Tematik Model Cooperative Type Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN Pegandikan 1 Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (593kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11MB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16MB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13MB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (32MB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Vita Fitriani, NIM 152400833. “Implementasi Pembelajaran Tematik Model Cooperative Type Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN Pegandikan 1 Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Serang. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran tema 8 subtema 2 “Aku Anak Mandiri” pembelajaran ke 6 ini masih rendah dikelas III SDN Pegandikan 1 Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Serang hal ini disebabkan kurangnya motivasi belajar sisa karena sistem pembelajaran yang terlalu monoton yang hanya mengandalkan teori tanpa menggunakan media dan alat peraga yang mendukung dan pembelajaran kelompokpun dilakukan hanya diluar waktu sekolah (PR), sehingga kurang memotivasi siswa untuk memiliki rasa ingin tahu, mau mencoba, dan berinterakasi dengan siswa lainnya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model cooperative type Numbered Head Together dikelas III SDN Pegandikan 1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative type NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN Pegandikan 1 dari segi aktivitas siswa maupun hasil motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan aktivitas siswa Pada siklus I Persentase siswa 66.67% kemudian terjadi peningkatan disiklus II menjadi 95.23%. dan Hasil motivasi belajar siswa menunjukan bahwa adanya perubahan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative type NHT (Numbered Head’s Together). Pada pra siklus dengan presentase indikator 46.90%, kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative type NHT (Numbered Head’s Together) dengan persentase 59.43% kemudian terjadi peningkatan lanjutan untuk perbaikan silus I yaitu pada siklus II dengan presentase 88.72%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi Pembelajaran Tematik, Model cooperative type NHT (Numbered Head’s Together), dan Motivasi Belajar.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 08 Apr 2021 03:32
Perubahan Terakhir: 08 Apr 2021 03:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6424

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.