Uyun, Nadifatul (2021) Pengaruh Online Customer Review Produk Pakaian Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Caver.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (33kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (426kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (250kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (376kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (279kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (571kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (80kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nadifatul Uyun NIM : 161410039, judul Skripsi : Pengaruh Online Customer Review Produk Pakaian Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah) Banyaknya jumlah pengguna internet merupakan lahan yang potensial untuk perkembangan industri bisnis khususnya sektor e-commerce. Salah satu model bisnis pada sektor e-commerce adalah berbasis marketplace C2C contohnya marketplace Shopee. Produk pada kategori fashion merupakan yang paling banyak dicari karena kebutuhan pokok yakni sandang. Dalam pembelian secara online, calon pembeli tidak dapat memeriksa barang yang mereka ingin beli secara langsung dan biasanya hanya dibantu oleh gambar atau deskripsi yang diberikan oleh penjual. Sehingga konsumen perlu mencari informasi lebih mengenai produk yang akan dibelinya untuk meminimalisir dampak negatif yang didapat. Berdasarkan masalah penelitian tersebut, adapun rumusan masalahnya yaitu: 1) apakah online customer review produk pakaian muslim berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah?, 2) seberapa besar pengaruh online customer review produk pakaian muslim berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah? Online customer review adalah ulasan yang diberikan oleh pelanggan baik positif maupun negatif mengenai suatu produk yang telah dibelinya pada sebuah toko dalam platform e-commerce. Online Customer Review (OCR) yang menyediakan informasi yang relevan kepada konsumen, dikatakan relevan karena online customer review dilakukan secara sukarela oleh konsumen yang telah membeli produk tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan data primer serta menggunakan SPSS 22. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2016-2019 dengan populasi sebanyak 840 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Penentuan ukuran sampel dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh 90 responden. Selain informasi yang diperoleh dari penjual, konsumen juga memperoleh informasi lebih mengenai produk yang ingin dibelinya melalui online customer review pada marketplace Shopee sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen akan informasi produk tersebut. Sehingga dengan adanya online customer review ini mengurangi akan ketidakpastian (gharar) dalam jual beli online khususnya melalui marketplace Shopee. Hasilnya yaitu variabel Online Customer Review (X) menunjukkan nilai thitung > ttabel 5.869 > 1.987. sehingga dapat disimpulkan bahwa online customer review produk pakaian muslim berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah. Online customer review memiliki pengaruh sebesar 28.1% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya (1 – 0.281 = 0.719 atau 71.9%) dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini seperti gratis biaya kirim, diskon, promosi, brand image, dan lain-lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Online Customer Review, marketplace Shopee, keputusan pembelian |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 31 Mar 2021 07:28 |
Perubahan Terakhir: | 31 Mar 2021 07:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6370 |
Actions (login required)
Lihat Item |