Pengaruh Penerapan Metode Multi Sensori Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan (Pre Eksperimen di Kelas I SDN Awilega Kec. Keroncong Pandeglang)

Fitria, Anis (2021) Pengaruh Penerapan Metode Multi Sensori Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan (Pre Eksperimen di Kelas I SDN Awilega Kec. Keroncong Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (267kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (183kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (374kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (343kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (601kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (147kB)

Abstrak

Anis Fitria, NIM : 161240051 Judul Skripsi: Pengaruh Penerapan Metode Multi Sensori Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan (Pre Eksperimen di Kelas I SDN Awilega Kec. Keroncong Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode multi sensori berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kelas I SD Negeri Awilega di Kecamatan Keroncong Kabupaten Pandeglang . Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest one group design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas I semester genap tahun pelajaran 2019/2020 di SDN Awilega Kecamatan Keroncong Kabupaten Pandeglang. Sampel yang diambil adalah kelas I dengan jumlah 25 siswa di SDN Awilega. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca yang diajarkan dengan menggunakan metode multi sensori memperoleh rata-rata nilai posttest 65.34, sedangkan kemampuan membaca sebelum menggunakan metode multi sensori diperoleh rata-rata 45.64. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan membaca permulaan kelas I yang diajarkan dengan menggunakan metode multi sensori lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode multi sensori berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode multi sensori, kemampuan membaca permulaan
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Mar 2021 02:05
Perubahan Terakhir: 29 Mar 2021 02:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.