Peran Guru Dan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karekater Siswa (Studi Kasus di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju)

Shiddiq, Robbi (2021) Peran Guru Dan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karekater Siswa (Studi Kasus di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (204kB)
[img] Teks
Pernyataan keaslian.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (377kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (276kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (519kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (460kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB)

Abstrak

ROBBI SHIDDIQ, NIM. 172012109, PERAN GURU DAN BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju). Tesis Magister Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun 2020. Pendidikan yang diajarkan dalam Islam adalah pendidikan yang dilandasi oleh iman dan taqwa yang fungsinya agar manusia dapat kembali kepada fitrahnya sebagai hamba Allah dengan tugas mengabdi kepada-Nya. Dalam proses tumbuh kembang menjadi manusia dewasa yang seutuhnya, kepribadian seorang siswa akan terbentuk dan terwarnai oleh apa yang ada di sekelilingnya misalnya orangtua (keluarga), guru-guru (sekolah), dan teman-temannya (lingkungan). Kepribadian seorang siswa akan dengan cepat terbentuk dan terwarnai melalui proses sosialisasi di dalam kehidupannya yang berlangsung dalam bentuk budaya sekolah,dan interaksi dengan guru-gurunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana peran guru dalam pengembangan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju? (2) Bagaimana program pengembangan yang dapat membentuk karakter budaya di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju? (3) Apakah Program kegiatan di sekolah berdampak terhadap pembentukan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju? dan (4) Bagaimana kebijakan program yang efektif untuk memebentuk karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju, (2)Untuk mendeskripsikan program pengembangan yang dapat membentuk karakter di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju (3) Untuk menganalisis dampak program kegiatan terhadap pembentukan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju dan (4) Untuk menganalisis efektivitas kebijakan program dalam pemebentuk karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui secara obyektif peran guru dan budaya sekolah dalam pengembangan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa. Peran guru MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju sangat membentuk karakter siswa yang baik yaitu dapat melaksanakantugasnya dengan baik dengan cara menjadi pendidik, pengajar dan sekaligus pembimbing. Budaya sekolah mempengaruhi pembentukan karakter siswa mereka dimana terciptanya lingkungan yang menjunjung moral siswa, kebijakan program pendidikan karakter di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju telah melakukan perencanaan pendidikan karakter dengan penyusunan rencana strategis yang memuat visi dan misi serta tujuan. Muatan kurikulum pendidikan karakter terintegrasi dalam mata pelajaran, serta muatan kurikulum keagamaan melalui kegiatan pembinaan/ekstrakurikuler. pengelolaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dilakukan guru dengan menetapkan nilai-nilai karakter dan diintegrasikan dalam mata pelajaran yang diajarkannya dalam dokumen silabus dan RPP. Dampak keberhasilan pengelolaan pendidikan karakter dirasakan oleh MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju meningkatnya kepercayaan orang tua menyekolahkan putera-puterinya di sekolah ini. Kedua, meningkatnya jumlah lulusan yang dapat diterima di dalam lingkungan masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Peran Guru, Budaya sekolah, Pendidikan Karakter
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 24 Mar 2021 07:54
Perubahan Terakhir: 24 Mar 2021 07:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6301

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.