Shiddiq, Robbi (2021) Peran Guru Dan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karekater Siswa (Studi Kasus di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (204kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Pernyataan keaslian.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (377kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (276kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (519kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (230kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (460kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
ROBBI SHIDDIQ, NIM. 172012109, PERAN GURU DAN BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju). Tesis Magister Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten tahun 2020. Pendidikan yang diajarkan dalam Islam adalah pendidikan yang dilandasi oleh iman dan taqwa yang fungsinya agar manusia dapat kembali kepada fitrahnya sebagai hamba Allah dengan tugas mengabdi kepada-Nya. Dalam proses tumbuh kembang menjadi manusia dewasa yang seutuhnya, kepribadian seorang siswa akan terbentuk dan terwarnai oleh apa yang ada di sekelilingnya misalnya orangtua (keluarga), guru-guru (sekolah), dan teman-temannya (lingkungan). Kepribadian seorang siswa akan dengan cepat terbentuk dan terwarnai melalui proses sosialisasi di dalam kehidupannya yang berlangsung dalam bentuk budaya sekolah,dan interaksi dengan guru-gurunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana peran guru dalam pengembangan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju? (2) Bagaimana program pengembangan yang dapat membentuk karakter budaya di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju? (3) Apakah Program kegiatan di sekolah berdampak terhadap pembentukan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju? dan (4) Bagaimana kebijakan program yang efektif untuk memebentuk karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju, (2)Untuk mendeskripsikan program pengembangan yang dapat membentuk karakter di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju (3) Untuk menganalisis dampak program kegiatan terhadap pembentukan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju dan (4) Untuk menganalisis efektivitas kebijakan program dalam pemebentuk karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui secara obyektif peran guru dan budaya sekolah dalam pengembangan karakter siswa di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa. Peran guru MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju sangat membentuk karakter siswa yang baik yaitu dapat melaksanakantugasnya dengan baik dengan cara menjadi pendidik, pengajar dan sekaligus pembimbing. Budaya sekolah mempengaruhi pembentukan karakter siswa mereka dimana terciptanya lingkungan yang menjunjung moral siswa, kebijakan program pendidikan karakter di MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju telah melakukan perencanaan pendidikan karakter dengan penyusunan rencana strategis yang memuat visi dan misi serta tujuan. Muatan kurikulum pendidikan karakter terintegrasi dalam mata pelajaran, serta muatan kurikulum keagamaan melalui kegiatan pembinaan/ekstrakurikuler. pengelolaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dilakukan guru dengan menetapkan nilai-nilai karakter dan diintegrasikan dalam mata pelajaran yang diajarkannya dalam dokumen silabus dan RPP. Dampak keberhasilan pengelolaan pendidikan karakter dirasakan oleh MTs Mathla’ul Anwar Sukamaju meningkatnya kepercayaan orang tua menyekolahkan putera-puterinya di sekolah ini. Kedua, meningkatnya jumlah lulusan yang dapat diterima di dalam lingkungan masyarakat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Guru, Budaya sekolah, Pendidikan Karakter |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mar 2021 07:54 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mar 2021 07:54 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6301 |
Actions (login required)
Lihat Item |